Dari Naked Sport Dirombak jadi Juara Dakar

LAZONE.ID - Lebih keren dari sebelumnya

Ketika membayangkan Honda CB series, apa yang lo bayangkan?

Pasti yang terbayang ketika melihat Honda seri tersebut, seperti CB650R adalah sebuah motor naked sport berbadan bongsor dengan mesin dan tenaga yang besar. Honda seri CB ini emang jadi favorit buat banyak orang karena performa mesin yang mumpuni dan juga relatif mudah untuk dirombak. Ketersediaan produk aftermarket yang dikhususkan untuk seri tersebut dan juga banyaknya part motor lain yang cocok emang bikin motor ini jadi favorit.

Tapi gimana jadinya kalau motor bongsor ini diubah jadi sebuah motor Rally Dakar? Well, gak benar-benar digunakan di rally dakar sih Bro, tapi bentuknya terinspirasi dari juara Dakar tahun ini.



Motor di atas dikerjakan oleh Wingmotor Honda yang terletak di Lisbon, Portugal. Bentuk yang gak biasa mengingat motor yang bisa dikategorikan sebagai scrambler ini juga punya postur yang besar. Bobot sekitar 202 kg juga jadi bukti besarnya motor yang satu ini.

Meski terinspirasi dari Honda CRF450 Rally yang jadi juara Dakar tahun ini, mereka mempertahankan beberapa bentuk asli CB650R, seperti pada bagian tangki bensin yang gak diganti sama sekali. 



Perubahan yang cukup drastis terlihat di bagian setelah tangki bensin. Jok motor yang biasanya bisa ditumpangi dua orang kini diubah jadi model single-seat dengan bagian tail yang disesuaikan untuk kebutuhan rally. Hal tersebut  dilakukan buat menambah citarasa racing pada motor ini.

Hal lain yang dipertahankan dari motor ini adalah bagian roda berukuran 17 inch. Bedanya, kini roda-roda tersebut dibalut oleh ban TKC80 supaya terlihat seperti sebuah motor offroad yang garang. Penampilan offroad tersebut juga dilengkapi dengan pemasangan handguard pada bagian handlebar dan windshield di bagian depan.

Hasilnya, motor bongsor satu ini bertransformasi jadi motor rally yang kayaknya bakal siap kembali mengembalikan kejayaan motor Honda di ajang Rally Dakar tahun depan. Soalnya Bro, selama dua dekade terakhir, pada kategori roda dua kejuaraan balapan satu ini selalu dikuasai oleh pabrikan KTM.