Di Dubai Ada Mobil Polisi Mampu Kenali Wajah Manusia

LAZONE.ID - Bisa jadi pesawat tanpa awak.

Uni Emirat Arab emang udah terkenal banget deh sebagai negara yang kaya, kecanggihan teknologinya juga semakin berkembang secara pesat.

Apalagi, baru-baru ini kota yang identik dengan sumber daya alam berupa minyak bumi, Dubai, baru saja memperkenalkan pada dunia mobil polisi yang dipasang teknologi pengenal wajah.

Jadi, nantinya mobil-mobil mini inilah yang akan berpatroli di jalan-jalan Dubai pada akhir tahun. Kegunannya untuk membantu mengidentifikasi dan melacak tersangka kriminal yang masih berkeliaran.

Enggak cuma itu bro, mobil ini juga bisa jadi pesawat tanpa awak udara yang bisa dipakai buat mengintai area dan orang-orang yang enggak bisa dijangkau oleh kamera CCTV atau robot.

Mobil yang bernama O-R3 ini bisa menavigasi sendiri pakai algoritma pembelajaran mesin, tapi polisi juga bisa kok mengendalikan robot dari jarak jauh, bahkan dari balik meja komputer.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan 'thermal imaging' dan 'license-plate readers'. Kalo kata otoritas polisi Dubai sih mobil itu dibuat bukan untuk menggantikan polisi yang berjaga, tapi hanya untuk mengelola sumber daya dan tenaga kerja dengan lebih baik dengan berusaha menambah operasi dengan bantuan teknologi seperti robot.

Ya inti dari tujuan mereka sih untuk membuat jalan-jalan sekitar Dubai aman dan damai walaupun tanpa adanya patroli polisi.