Ducati MHR 1000 Tribute Buat Caracchi

LAZONE.ID - Motor bersejarah yang membawa Ducati ke dunia balapan.

Jika lo penggemar Ducati pasti tahu arti di balik huruf NCR. Inilah saatnya untuk pelajaran sejarah. NCR adalah akronim dari nama pendirinya, Rino Caracchi, Giorgio Nepoti dan Rizzi.

Trio itu meletakkan dasar bagi kesuksesan balap Ducati. Selama tahun 1970-an, Ducati tidak memiliki program balap sendiri sehingga mereka mempercayakan spesialis kinerja NCR terdekat dengan memasang marque mereka ke arena pacuan kuda.

Di sanalah nama NCR menjadi legendaris. Dari tahun 60'an hingga 90'an NCR bekerja dengan para insinyur dan teknisi Italia terbaik untuk mengembangkan motor yang meninggalkan kesan abadi di lintasan.

Mungkin yang paling ikonik dari semuanya adalah Ducati 900 NCR yang dikendarai oleh Mike Hailwood selama Kejuaraan Dunia 1978 di Isle of Man.



Tahun lalu anggota yang tersisa dari trio NCR, Rino Caracchi meninggal. Untuk menghormati prestasinya yang luar biasa dan untuk memberi penghormatan kepada nama NCR, bengkel Italia Stile Italiano menciptakan motor yang sangat istimewa ini.

"Cara apa yang lebih baik untuk membangun motor buat Caracchi daripada menggunakan platform Ducati MHR 1000, motor yang dibangun sebagai pengakuan atas kemenangan NCR Hailwood," kata Cristian dari Stile Italiano.

MHR 1000 tahun 1984 sendiri merupakan mesin yang istimewa. MHR 1000 adalah model terakhir yang diproduksi Ducati menggunakan desain final bevel drive dan yang pertama menggunakan starter elektrik.

Membangun Caracchi Tribute, Stile Italiano memulai dengan peningkatan kinerja motor. Mesin 1000cc L-twin sekarang memakai PHM 40 karburator Dell'orto. Di ujung dari siklus pembakaran ada sistem pembuangan khusus yang dirancang oleh Stile Italiano dan dibuat oleh Virex.



Suspensi juga telah ditingkatkan dengan pemasangan front end Ohlins FG950 lengkap menggunakan Ducati 888 alloy triple tree. Kemudian di bagian belakang, swingarm memakai suspensi mono-shock Ohlins.

Untuk roda, Stile Italiano menggunakan TT2 5 replika dari Marvic yang mereka bungkus dengan ban Michelin. Pengereman memakai sistem Brembo lengkap dengan cakram ORO.

Stile Italiano sendiri menganggap bagian paling indah dari penghargaan Ducati MHR 1000 Caracchi adalah bodywork. Mereka membuatnya klasik dengan desain monocoque. Seluruh konstruksi terbuat dari lembaran aluminium dan dilas dengan teliti.