Ducati Pantah 500 Penghormatan untuk Troy Bayliss

LAZONE.ID - Ubahan yang tak hanya berbentuk lurus, tapi sedikit lengkungan tajam.  

 

Dari awal, jelas bagi kami bahwa Johan Balsvik bukan builder kelas rata-rata. Meski sedikit yang kita tahu, inilah motor modifikasi terakhirnya yang dia gambarkan terinspirasi oleh 'Troy Bayliss' dengan Ducati Pantah 500.

Johan Balsvik adalah builder yang bekerja sendiri, seorang insinyur kereta api dan penggemar udang karang yang telah membuat dan merenovasi banyak hal yang mungkin dia bisa lakukan selama bertahun-tahun seperti hot-rods hingga choppers.

Modifikasi dimulai dengan apa yang disebut Johan sebagai sebuah ‘tikungan Denver’ yang terbalik, mengacu pada klub sepeda motor Swedia yang membuat chooper di tahun 70-an.

Ducati Pantah 500 Penghormatan untuk Troy Bayliss

Setelah banyak dialog internal tentang apa yang harus dilakukan dengan rangka belakang, akhirnya ia memutuskan untuk membiarkannya lurus dan menempatkan lampu belakang simple di ujung tabung.

Dan karena lengan ayun Honda dibuat untuk dipasang pada bingkai, tidak ada kemungkinan untuk membuatnya sesuai dengan dudukan engine Ducati asli. Sebuah Pantah memiliki lengan ayun yang cukup pendek, sehingga titik pemasangan baru di belakang mesin akan membuat wheelbase hampir 100mm terlalu panjang.

Ducati Pantah 500 Penghormatan untuk Troy Bayliss

Johan akhirnya menemukan sebuah lengan ayun aluminium dari sebuah junker yang tidak disebutkan namanya. Dia memotong ujung depan dan menggabungkannya dengan ujung belakang lengan ayun Honda.

“Jika kamu membuat sesuatu yang terlalu lurus, itu akan membosankan. Ini bisa dianggap lurus, tetapi tidak bisa benar-benar lurus. Baik tangki dan cowling belakang beberapa sentimeter lebih lebar di bagian atas daripada di bagian bawah, memberikan seluruh mesin bentuk jam pasir yang berbeda ketika dilihat dari belakang," ungkapnya.

Bagian tangki berbentuk bulat di depan sementara cowling belakang telah mewarisi bentuknya dari ekor mobil seperti Bugatti Type 35B. Skema cat adalah penghormatan kepada Troy Bayliss Imola Special, yang pada gilirannya merupakan penghormatan kepada pembalap Ducati klasik Paul Smart.