Harley-Davidson Fat Bob Bergaya XLCR

LAZONE.ID - Satu lagi motor yang terinspirasi oleh cafe racer klasik.

Blacktrack Motors telah membuat desain cafe racer menjadi seni rupa. Karya pertama mereka adalah Honda CX500 paling tajam dan mereka melanjutkan kesuksesan itu dengan Triumoh Thruxton yang sempurna.

Sekarang mereka telah menangani proyek paling ambisius mereka, BT-03 — cafe racer berbasis Harley-Davidson Fat Bob 114 FXFBS.

Fat Bob 114 adalah salah satu motor paling asyik di jajaran Harley. Mesin yang digendongnya menghasilkan torsi 155 Nm, dan sasis Softail generasi baru yang cukup disegani. Tapi model cruisernya sangat jauh dari garis cafe racer klasik.

Meskipun demikian, itulah yang dicari oleh pendiri dan perancang Blacktrack, Sacha Lakic. "Dimulainya studi BT-03 berasal dari motor yang menandai masa kecil saya. Harley-Davidson XLCR," katanya.



Diproduksi antara 1977 dan 1979, XLCR adalah satu-satunya cafe racer dalam sejarah Harley-Davidson, dengan hanya dibuat 3.133 unit. Ia mengaku terpesona setiap kali melihat motor itu di jalan-jalan Paris.

Blacktrack tidak bermaksud untuk mereplikasi XLCR, melainkan untuk membuat interpretasi kontemporernya. Misi mereka juga untuk mengurangi berat, meningkatkan kinerja, dan membuat si Bob Gemuk sekuat mungkin.



Untuk melakukannya, mereka benar-benar menjaga motor, transmisi, dan rangka Harley's Milwaukee. Sementara part lain ditingkatkan, atau digantikan oleh komponen Blacktrack yang dibuat khusus.

Terdapat fairing baru, tangki bahan bakar dan bagian ekor, semuanya mengisyaratkan bodywork asli XLCR yang memanjang dan persegi. Blacktrack juga menyertakan fender depan kecil, dan pelat penutup untuk suspensi belakang.

Untuk mengubah posisi Harley dan meningkatkan kenyamanan, Blacktrack memasang suspensi Öhlins di kedua ujungnya. Roda memakai ukuran 17 inchi aluminium Dymag, terbungkus ban Michelin Power RS dengan sistem pengereman Beringer.