Harley-Davidson Terinspirasi Sang Legenda Evel Kneivel

LAZONE.ID - Motor ini digarap untuk menyaingi Indian yang sukses tahun lalu.


Hampir setahun yang lalu, ribuan orang menyaksikan ketika Travis Pastrana melompati air mancur di Caesars Palace di Las Vegas sebagai penghormatan kepada Evel Kneivel. Sayangnya, Evel tidak pernah berhasil bahkan lompatan seperti itu hampir membunuhnya.

Tidak seperti Evel, Travis berhasil melakukan lompatan dan membuatnya terlihat mudah di atas Scout FTR750 India.

Ada beberapa loyalis Harley-Davidson yang kaget pada lompatan itu, bukan soal kematian atau jarak yang terlibat. Tetapi karena Travis melakukannya di atas Indian, bukan Harley XR750 yang terkenal.

Salah satu penggemar HD menghubungi Colin di Number 8 Wire dan menugaskannya untuk membangun Harley Evel Kneivel dengan menggunakan Street 750. "Brief saya adalah merancang dan membuat motor Evel dengan arahan mendasar dari What Would Evel Do?" katanya.



Colin punn memutuskan untuk melakukan apa yang akan dilakukan Evel. Salah satunya mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jadi dia memutuskan untuk memasang supercharger di dalamnya.

"Supercharger Procharger A1-R, biasanya digunakan pada Harley yang lebih besar sebagai bagian dari kit," kata Colin.

"Mengingat tidak ada kit yang tersedia dan belum pernah dilakukan sebelumnya, saya merancang dan membuat beberapa prototipe yang berbeda untuk sistem output daya sebelum menentukan desain akhir."

Membuat supercharger untuk Street 750 ternyata menjadi pekerjaan yang lebih besar dari yang diperkirakan Colin. Semua bagian untuk output daya dan blower dirancang dan dikerjakan secara manual.



Di bagian depan, radiator diganti memakai Ducati Monster. Adapun lampu utama, Evel memilih unit LED Rigid Industries yang kemudian dipoles dan dipasang.

Di bagian belakang, subframe dihapus dibuat baru dengan tabung DOM. Di bawahnya ada kotak aluminium yang merupakan setengah kotak elektronik dan tangki overflow.

Di bawah jok terdapat unit-M berwarna biru, dipasangkan dengan lampu sein Motogadget, speedometer, dan tombol di bagian depan.

Pengaruh estetika utama untuk bodywork adalah XR750. Colin membuat tangki aluminium dan jok bergaya XR dan penutup lampu belakang LED yang dipasang flush.