Harley Sportster Bobber Cungkring

LAZONE.ID - 2LOUD membangun sebuah Sportster jadi tampak ringan.

Punya motor tua, tanpa diragukan lagi sudah pasti keren. Tapi jika lo mau beli, berarti lo berada di jalur yang harus mengerti motor kayak seorang montir. Paling enggak, lo harus punya montir pribadi yang ngerti model motor secara spesifik.

2LOUD Custom punya jawabannya, mereka adalah bentuk dari sebuah dalih yang cerdik. Karena Sportster yang mereka bangun tidak setua yang kita lihat sekilas.

Rumah modifikasi itu dijalankan oleh 'Max' Ma Yicheng yang berbasis di Taipei, Taiwan. Saat pelanggan memesan model sportster XL883 2009 ini, Max langsung menantang dirinya.

"Bagaimana caranya punya knalpot keren tapi tak mengganggu orang? Bagaimana kita punya performa, keindahan dan daya tahan? Untuk menemukan jawaban, faktor-faktor itu adalah tantangan," tuturnya.



Ide awalnya memang membuat Sportster itu terlihat ramping dan pendek. Meski begitu, ia juga berharap bisa mengendarai motor itu secara normal dan mempertahankan semua fungsi yang diperlukan.

Darah vintage sebenarnya berasal dari chassis dan bodywork yang dibuat ulang. Suspensi sporty digantikan oleh sepasang struts kaku di bagian belakang. Lalu garpu depan memakai Harley klasik.



Max mempertahankan roda depan, namun ia mengubah bagian belakang menjadi lebih kurus. Ban depannya memakai Firestone dan belakang Adlert buatan Jepang.

Untuk memperkuat pengereman, Max memasang empat piston kaliper bersama rotor. Kaliper dipasang di atas braket, menciptakan sistem yang terlihat bagus.

Sementara bodywork simple terlihat proporsional dimulai dengan tangki bahan bakar 4,5 liter yang kompak. Sementara sisanya hanya terlihat frame dan jok kecil saja.