Honda CB400 Agresif Banget

LAZONE.ID - Mesin kecil dengan tenaga besar yang maksimal

Ketika seseorang menyebutkan kata Honda dan ‘VTEC’ dalam kalimat yang sama, loa akan teringat tentang mobil Civic. Tetapi setiap penggemar Honda yang nyata akan memberi tahu lo, VTEC bukan hanya Civic.

Tapi apa itu VTEC? Akronim ini singkatan dari Variable Valve Timing & Lift Electronic Control, dan itu adalah sistem yang dikembangkan oleh Honda, diklaim untuk meningkatkan efisiensi volumetrik dari mesin pembakaran internal empat-stroke, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi pada RPM tinggi, dan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Pada RPM rendah, sistem VTEC menggunakan dua profil camshaft dan secara hidraulik memilih di antara mereka menggunakan pin pengatur tekanan minyak, yang berarti bahwa salah satu dari dua katup masuk tetap tertutup sampai rpm lebih tinggi tercapai. Efek bersihnya adalah semakin banyak daya top-end yang dihasilkan dan kurva torsi dihaluskan secara signifikan.

Honda CB400 Agresif Banget

Tentu saja, bukan hanya VTEC Honda yang menjadikan CB400F salah satu motor khusus yang lebih baik di Asia. Ini juga merupakan motor Jepang Universal yang sangat terkenal di Asia Timur. Mesinnya relatif kecil karena batasan peraturan, tetapi memiliki empat silinder sehingga tenaga sangat lancar dalam pengiriman.

Pemilik Mandrill Garage, Luo Hao pun merancang sebuah tracker dari motor tersebut.

“Selanjutnya kami melucuti motor. Dalam beberapa hal, saya menemukan ini bagian paling menarik dari pembuatan motor," ungkapnya.

Honda CB400 Agresif Banget

Luo kemudian masuk ke beberapa detail yang lebih menarik. Plat nomor depan dibuat dengan serat karbon, bersama dengan setang dan tutup tangki berada dalam gaya balap enduro,

"Garpu berasal dari Ducati Diavel dan saya mengganti roda ke rims yang di-spoked sambil menambahkan ban Pirelli MT60RS. Luo melaporkan bahwa kaki kaki CNC baru cukup banyak dalam posisi yang sempurna, sementara knalpot pendek pipa terdengar kasar dan agresif juga," tukasnya.