Dalam berbagai pekerjaan yang melibatkan klien, selalu ada permintaan gak biasa yang diterima oleh seseorang. Fredrik Pal Persson sebagai pemilik PAAL Motorcycle pernah menghadapi permintaan yang tidak biasa untuk klien atau customernya.

Fredrik mendapat sebuah brief dari seorang customer dimana dirinya ingin sebuah motor yang bisa merefleksikan kegemaran dan antusiasmenya terhadap lokomotif kereta jadul. Yap, sesuatu yang sepertinya agak sulit dibayangkan, menerapkan inspirasi desain lokomotif kereta uap dalam sebuah motor.

Tapi tentu aja itu jadi tantangan tersendiri buat Fredrik. Pria asal Swedia ini bersama timnya di PAAL Motorcycle gak kehabisan ide untuk segera menerapkan eksekusi. Dirinya pun mendapatkan sebuah motor donor, berupa Honda CB750, motor klasik yang terkenal karena performa bandel di jalanan.


Sang customer juga secara spesifik meminta motor dengan model cafe racer klasik ala British. Kru di PAAL pun melucuti semua bagian dari motor ini hingga tersisa chasis dan rangka.

Fredrik pun menggunakan sebuah mesin CB750 tahun 1979 dari motor berbeda namun punya kondisi yang lebih bagus. Tentu aja dirinya harus merestorasi mesin tersebut supaya bisa layak pakai di masa sekarang. Mesin ini masih cukup bandel jika dipacu di jalanan.

Di bagian depan Fredrik memasangkan fork Ohlins FGRT 205 yang biasanya digunakan oleh Suzuki GSX-R1000. Di bagian belakang juga ada suspensi Ohlins STX yang dipadukan dengan swing arm custom buatan PAAL.


Untuk mendapatkan kesan klasik yang kental, Fredrik menggunakan tangki bensin bergaya Manx di depan. Mengalir ke bagian belakang ada satu set jok kulit dengan gaya khas tahun 1960an. Semua bagian ini menurut Fredrik adalah yang memberikan kesan lokomotif kereta uap panjang yang khas. Ditambah, kalau lo melihat ke bagian mesin, ada bentuk seperti sebuah klakson yang digunakan pada kereta-kereta jadul.


Untuk ngasih kesan clean look dan vintage yang kuat. Fredrik mengecat frame dengan warna kuning keemasan dipadukan dengan warna hitam yang glossy. Hal tersebut membuat motor ini gak cuma keliatan klasik, tapi elegan.