Ini Jadinya Motor Polisi Dimodifikasi

LAZONE.ID - CBX750 yang tak begitu terkenal dibanding seri Honda CB.

Tidak seperti sepupunya yang terkenal CB750, Honda CBX750 sedikit tertidur. Tapi soal ketenaran itu adalah motor pilihan untuk petugas patroli jalan raya di beberapa negara. Honda bahkan membangun versi khusus polisi.

Salah satu negara adalah Malaysia, rumah bagi Kerkus Motorworks. Azahar dan Raveen telah mengayunkan kunci pas pada CBX750 sebelumnya, sebuah proses yang biasanya melibatkan penumpahan sebanyak mungkin gaya aslinya. Tetapi proyek baru ini menyerukan pendekatan yang berbeda.

Pemilik CBX750 yang tersembunyi ini adalah putra seorang polisi, dan ia mengembangkan kecintaannya pada model itu sebagai seorang anak. Ayahnya membeli motor di sebuah pelelangan polisi, dan akhirnya menuju ke bengkel Kerkus.

 

Ini Jadinya Motor Polisi Dimodifikasi

 

"Kami ingin ayahnya melihat bahwa sepeda kustom bukan hanya melanggar hukum, dan lebih banyak bentuk seni daripada itu," kata Raveen. "Azahar kemudian melakukan sketsa cepat, dan kami terkejut klien kami menyetujui pendekatan desain ini."

Tantangan terbesar adalah menjaga fairing, tank and tail section CBX750, membuat semuanya terlihat lebih baik. Jadi, para kru menanggalkan motor sampai ke rangka, dan mulai mencari tahu garisnya.

Itu berarti memodifikasi braket fairing juga, dan memasang kembali lampu persegi panjang orisinal. Tangki juga diangkat satu inci untuk membantu arus keluar dari bodywork. 

 

Ini Jadinya Motor Polisi Dimodifikasi


Di belakang, subframe diperpendek, dan bagian ekor OEM - lengkap dengan lampu belakang kuning - dipangkas dan dibawa lebih ketat. Pindah ke kokpit, kru membuang setang yang tinggi dan disapu ke belakang untuk set bar bergaya tracker hitam yang lebih ramping.

"Modifikasi ini adalah pendekatan yang sama sekali berbeda. Kami pikir itu adalah cara yang tepat untuk pergi - jadi generasi berikutnya akan menghargai CBX750 dan mengingat bagaimana dulu, dan bagaimana megahnya desain ini," ungkapnya.