KTM sepertinya salah satu pemain terbaik di kelas motor adventure. Mereka punya sebuah motor sport, 1190 RC8 dan mampu membuat versi adventure dari motor tersebut dengan KTM 1190 Adventure R.

Motor ini adalah sebuah monster. Dengan mesinnya yang sangat besar, tenaganya dalam melibas segala medan juga gak main-main.

Makanya ketika Raticate Racing menerima satu unit Adventure R ‘bekas kecelakaan’, mereka gak tinggal diam untuk merombaknya. Tetap mengedepankan gaya adventure, motor ini dimodifikasi jadi lebih garang.


Ada perubahan gaya dari adventure ke gaya khas supermoto.

Raticate mengubah sistem suspensi long-travel ala adventure dengan sistem suspensi short-travel ala motor sport. Suspensi dengan orientasi jalanan ini bertujuan supaya motor tersebut bisa mengeluarkan semua performanya.

Untuk mendukung setelan suspensi sport ini, mereka pun mengganti roda 21 inch bawaan KTM 1190 Adventure R dengan roda ukuran 17 inch, membuat suspensi tetap terlihat tinggi.


Fender bagian depan dan belakang dilepas, lalu fender bergaya motor trail dipasang di bagian depan motor ini. Gaya lampu depan yang elegan khas KTM 1190 pun diganti dengan lampu LED  dengan cover mengotak yang membuat front end motor ini terlihat lebih tegas.

Sebagai finishing, Raticate memberi sentuhan warna hitam yang merata di seluruh body dan bagian depan. Sebagai detail, ada garis-garis berwarna oranye dan juga shockbreaker dengan warna yang sama sebagai identitas dari KTM.


Raticate Racing pun menamai motor ini KTM 1190 XLS (Extra Large Supermoto) mengingat ukuran mesin dan juga body-nya yang jumbo.