Udah pernah denger hyperloop belom? yoi, hyperloop adalah konsep transportasi cepat dari Elon Musk dan kemudian doi berikan ke siapa aja yang mau mewujudkannya. Nah, salah satu perusahaan yang mau mewujudkan ide ini adalah Hyperloop Transportation Technologies (HTT).

Perusahaan ini juga mewujudkan konsep hyperloop ke negara-negara dunia kaya Slovakia Republik Ceko, Perancis, Uni Emirat Arab dan Indonesia. Soalnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling padat di dunia dan kota yang paling padat adalah Jakarta. Yaudah deh, hyperloop dianggap bisa memecahkan permasalahan ini.

Gimana enggak bro, bayangin deh, dengan teknologi hyperloop, perjalanan dari Jakarta ke Jogja yang awalnya bisa mencapai 10 jam dengan transportasi biasa dapat dipersingkat jadi 25 menit doang!

Kendaraan Super Cepat Ini Bakal Ada di Indonesia

Kendaraan super cepat ini berupa sebuah tabung yang bisa melesat dengan kecepatan tinggi. Jadi nanti lo bakal masuk ke dalam sebuah kapsul sebesar mobil dan kapsul itu akan tersedot ke dalam sebuah tabung yang memakai energi listrik, magnet dan tekanan udara.

Saat ini hyrperloop masih dalam studi kelayakan di Indonesia. Studi kelayakan ini akan berlangsung selama satu tahun dengan rute kawasan Jakarta yang saat ini sedang dipelajari untuk dipilih mana yang enggak terlalu sulit namun diperlukan oleh warga Jakarta untuk mengurangi atau menghilangkan waktu lama saat berangkat atau pulang kerja.

Tapi sabar ya, hypeloop bisa dinikmati oleh masyarakat dalam waktu kurang dari sepuluh tahun dan digadang-gadang bisa jadi transportasi kelima setelah pesawat, kapal, mobil dan kereta api.