Ketika Yamaha SR400 Jadi Motor Balap Jadul…

LAZONE.ID - Desainnya mulus banget.

Dalam dunia balap, sebuah tim bakal mencoba hal-hal baru untuk meningkatkan kecepatan sebuah motor menyelesaikan satu putaran di lintasan. Segala hal dilakukan seperti meningkatkan performa mesin dan mengotak atik bentuk body untuk menciptakan keseimbangan.

Salah satunya adalah ketika terciptanya model fairing dustbins pada era balap motor tahun ‘50an. Pada era tersebut, para teknisi balap membuat inovasi dustbins yang bisa nambah kecepatan pada trek balapan lurus.

Orange Boulevard yang bermarkas di Jepang terinspirasi dari era balap tahun ‘50an tersebut dengan merombak sebuah Yamaha SR400 dengan gaya motor balap jadul. Untuk membuat fairing yang besar ini, Orange Boulevard menggunakan fairing aftermarket dan dibentuk ulang oleh mereka sendiri. Agar fairing in bisa terpasang rapi, ditambahkan bracket custom di bagian depannya supaya pas dengan frame yang ada.

Buat nambah kental suasana racing yang ada di motor ini, mereka mengganti tangki bensin bawaan dengan tangki bensin bergaya AJS dan jo bergaya Norton Manx di atas subframe-nya.

Gak cuma itu, ternyata bagian mesin dan suspensi juga dapet perubahan, Bro. Mesin yang semula punya kapasitas 399cc dapet upgrade menjadi 534cc. Sedangkan pada suspensi bagian belakang, Orange Boulevard menggunakan adjustable Ohlins shocks.

Joknya pun dipangkas jadi cuma single seat, bikin motor ini tambah berasa seperti motor balap. 

Untuk finishing, Orange Boulevard menggunakan skema warna “black on black”. Bikin motor ini jadi makin garang dengan warna hitamnya yang menyeluruh.