Jepang terkenal karena beberapa warisannya terhadap pop culture di dunia. Mungkin lo kenal banyak ikon culture seperti komik manga dan anime. Jepang juga selalu punya gaya fashionnya sendiri yang berbeda dari belahan dunia lainnya.

Ternyata, Jepang juga punya pengaruh besar terhadap dunia modifikasi motor, Bro! Kreativitas para modifikator Jepang melahirkan aliran jap-style yang sekarang jadi salah satu gaya modifikasi dengan peminat banyak di dunia.

Yang mungkin belum lo tau adalah gaya modifikasi bobber dan cafe racer  juga terpengaruh dari Jepang. Salah satu elemen tersebut adalah penerapan jok yang datar dan rangka bagian bawah yang terbuka.

Salah satu contohnya adalah modifikasi bobber pada Yamaha SR400 ini, Bro.

Modifikasi ini adalah hasil kolaborasi dari dua bengkel modifikasi yaitu Two Gun Salute dan Smith and Son Motorcycles. Mereka sepakat untuk membangun sebuah bobber dengan vibes Jepang yang kental tapi tetap terlihat sederhana. Motor yang digunakan untuk proyek ini adalah sebuah Yamaha SR400 rilisan tahun 1992.

Langkah pertama adalah jelas dengan melakukan modifikasi terhadap rangka yang digunakan. Terjadi proses pemotongan, pengelasan kembali dan pembentukan ulang di beberapa bagian. Lalu mereka juga membuat sebuah battery box untuk kebutuhan kelistrikan yang terletak di bawah jok. Joknya sendiri seperti yang gue bilang sebelumnya, mengadopsi gaya datar khas Jepang.

Untuk tampilan yang lebih rapi di depan tangki bensin, mereka memotong dudukan untuk speedometer dan lubang kunci lalu memindahkannya ke bagian lain.

Supaya kesan klasik dan sederhananya makin kental, finishing warna abu-abu dan putih dipilih dan tanpa motif atau corak yang berlebihan.

Gimana Bro, keren gak menurut lo?