Buat loe nih, khususnya yang berencana ikutan tren custom culture yang lagi happening saat ini, ada beberapa hal perlu diperhatiin saat mau memodifikasi motor loe, bro. Tujuannya, biar motor custom yang nantinya dihasilkan bener-bener unik, beda sekaligus berkarakter.
Scene custom culture, belakangan makin meningkat bro, di kalangan motormania. Gak sedikit yang mulai ngebangun motor custom sesuai seleranya. Nah, loe yang doyan motor, juga bisa ikutan ‘wabah’ ini, bro. Tapi biar gak salah langkah, baca dulu nih, saran dari bengkel modifikasi The Katros yang biasa bikin motor custom..
1. Donor
Donor di sini maksudnya adalah motor apa yang mau loe pakai sebagai basisnya. Apakah motor dengan cc kecil seperti 150-250 cc atau moge dengan kapasitas 400-1000 cc. Ini bakar berhubungan sama ketersediaan source, harga sampai bentuk tampilan motor custom yang akan dihasilkan nanti.
2. Aliran
Tentukan aliran atau gaya modifikasi yang mau loe terapin pada motor loe. Contoh cafe racer, tracker, chopper, streetcub, dan lain-lain. "Untuk yang ini jangan cuma ikut-ikutan tren aja, bro. Loe bisa browsing sendiri aliran apa yang sekiranya sesuai sama selera atau bisa ekspresiin diri loe," ujar Andi Akbar, modifikator sekaligus owner The Katros.
3. Dimensi
Tentukan dimensi motor yang loe inginkan, bro. Ini lebih menyangkut kepada postur badan atau kondisi fisik loe. Jangan sampai kegedean motornya dibanding badan loe atau sebaliknya. Jangan juga nanti motornya ketinggian, yang ada loe ribet sendiri, dah.
4. Detail
Sampaikan pada modifikator, barang apa yang mau loe pasang di motor loe. Hal ini menyangkut model atau merek tertentu, bro. Kalo loe masih awam soal aksesori motor, nanti modifikator juga bakal bantu untuk ngarahin loe, kok. Makanya perlu ngobrol.
5. Budget
Tentukan perkiraan biaya modifikasi yang ingin loe keluarkan. Untuk yang ini mungkin cuma bisa bicara kisaran dulu untuk sementara, bro. Karena loe gak tahu ada kekurangan apa lagi saat ngebangun motor custom yang loe inginkan.
6. Desain
"Setelah langkah-langkah tadi udah terpenuhi, gue sih biasanya ngasih sketsa motor yang gue buat, atau kalo si pemilik motor udah punya sketsa sendiri justru lebih bagus," jelas modifikator yang akrab disapa Atenk ini.
7. Progress
Begitu semua tahapan udah disetuji oleh kedua belah pihak, tahapan eksekusi baru bisa dimulai, bro. Tapi loe juga jangan lepas tangan begitu aja, loe juga harus mengkontrol sampai mana perkembangan motor custom loe.