Sebagian builder motor modifikasi harus menghabiskan waktu banyak mendesain dengan detail sebelum mereka mulai eksekusi motor. Ada juga sebagian lagi yang menggunakan part yang ada tanpa banyak menggambar terlebih dulu.

Keduanya sama-sama bagus, tapi tentu bakal punya nilai keunikan tersendiri.

Seperti halnya John Aaman dengan username instagram @johnaaman  yang berasal dari Swedia ini. Dirinya membuat sebuah scrambler mini, dengan roda pemotong rumput, dan bermesin turbo!


Yap, roda lebar yang lo lihat di atas bukan roda motor atau roda mobil mini. John menggunakan roda mesin pemotong rumput yang terbengkalai di gudang miliknya. Motor yang digunakan olehnya adalah Orion FX-Pro 125cc, sebuah motor trail mini.

Roda yang sangat lebar tentu bikin beberapa part butuh penyesuaian. Dirinya membuat secara khusus swing arm dan forks supaya bisa menampung lebar roda tersebut di kedua sisi.

Dirinya juga menambahkan tangki bensin Yamaha DT50 untuk tetap mendapatkan bentuk yang proporsional. Seperti beberapa part lainnya, bagian handlebar pun dibuat oleh John dari nol.


Meski kelihatannya scrambler mini ini udah cukup bertenaga, ternyata John merasa ada yang kurang dari performanya. Di sinilah pria tersebut menambahkan sebuah turbocharger untuk mesinnya.

Untuk turbo tersebut, John memasangkan turbocharger dari Garrett GT15 dengan karburator Power Jet 30mm. Mesin bertenaga turbo tersebut tersambung dengan sistem knalpot selebar 2,5 inch tanpa muffler.


Meski mini, motor ini nyatanya merupakan motor yang bertenaga, terlebih setelah diberi turbocharger oleh John. Dirinya sudah mengendarai motor ini selama beberapa tahun untuk melibas medan bersalju dan juga tanah tundra yang khas dari alam Swedia.