Kreasi bisa datang dengan cara seperti apapun. Contohnya adalah membuat sebuah motor dari nol tanpa menggunakan dasar motor apapun.

Biasanya orang bakal bikin sebuah custom dengan menggunakan motor rilisan pabrik yang udah cukup berumur, atau menghidupkan kembali motor yang terbengkalai dengan keadaan mengenaskan. Bahkan motor listrik modifikasi sekalipun, banyak yang menggunakan motor keluaran brand seperti Zero sebagai dasar modifikasi mereka.

Beda dengan apa yang dilakukan oleh Ed Motorcycles yang berlokasi di Australia, mereka membuat sebuah motor street tracker dan membangunnya dari nol. Motor street tracker berbentuk unik ini kemudian diberi nama Concept Z.


Ed Motorcycles membangun motor ini dengan terinspirasi dari motor flat track lainnya, yaitu Zaeta 530. Kemiripannya bisa terlihat di bagian yang seharusnya merupakan sebuah tangki bensin. Bentuk tangki Zaeta 530 yang mungil terpasang pada bagian tersebut.

Mereka juga membuat frame motor ini dari material baja Chromoly 4130. Bahan yang sama biasa dan bisa lo temukan pada frame sebuah sepeda. Desain dari frame ini juga dibuat dari awal dengan mengikuti inspirasi desain yang sebelumnya udah disebutkan.

Body box yang jadi penyangga baterai dan mesin pada motor ini dipotong menggunakan laser cutting setelah desainnya menggunakan CAD selesai dikerjakan.


Battery Box dan mesin juga ditahan dengan sebuah penyangga yang dipasangkan adapter CNC. Adapter ini punya tiga fungsi utama yaitu menahan mesin pada tempatnya dan agar sesuai dengan poros swing arm, memungkinkan swing arm bisa bergerak sesuai derajat settingannya, dan jadi tambahan penurun suhu untuk mesin menyala.

Mesin pada motor ini sendiri menggunakan mesin elektrik dari Zero 75-7R yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 52kw. Kecepatan motor street track bermesin elektrik ini pun mampu mencapai 150 km/jam.

Cukup mumpuni sih Bro, walau menurut gue masih ada kekurangan dalam segi desain, mungkin karena masih berupa sebuah konsep. Siapa tau, hasil motor ini nanti bakal keren dan mampu bersaing dengan yang lainnya.