Motor Legendaris Ini Bangkit dari “Kematian” Lewat Restorasi

LAZONE.ID - Jadi makin kinclong!

Motor tua jadi salah satu barang buruan oleh para kolektor. Selain itu, memang ada juga yang menggemari motor-motor tua sebagai kendaraan mereka sehari-hari dalam beraktivitas. Namun, masalah dengan motor tua adalah kondisinya yang kadang udah jauh banget dari kata layak.

Untuk itulah pengerjaan restorasi dibutuhkan, untuk kembali menyegarkan motor tua yang udah terlalu lama diam, atau bahkan membangkitkan mereka dari kematian.

Inilah yang dilakukan Daniele Soiatti dan Alberto Soiatti, sepasang anak dan ayah pemilik dari Soiatti Moto. Bengkel tersebut adalah spesialisasi restorasi motor tua dan karya mereka sering dipajang di pameran internasional.

Namun, hasil kerja terbaru mereka benar-benar menarik perhatian, Bro.

Belum lama ini mereka selesai merestorasi sebuah BSA A65 Thunderbolt, motor tua asal Inggris. Hal yang mengenaskan adalah motor tersebut datang ke bengkel yang berlokasi di Novara, Italia ini dalam keadaan “tewas” karena tidak digunakan setelah sempat terbakar.

Untuk mengembalikan motor ini ke bentuk semula, dengan beberapa upgrade tentunya, Soiatti terinspirasi dari kultur motor flat tracker vintage  Amerika.

Untuk mengerjakannya, tentu saja mereka harus memuluskan kembali frame yang ada supaya terlihat kinclong ketika ditimpa dengan cat. Hampir semua bagian body dan frame mendapatkan treatment yang sama.

Sebelum dipasangkan kembali ke dalam frame, cover mesin yang terbuat dari aluminium dipoles kembali dan piston yang retak diganti dengan unit yang baru.

Mungkin satu dari sekian bagian yang mendapat perubahan total adalah bagian untuk pengemudi, seperti bagian footpeg dan jok. Terlebih, joknya dibuat dari bahan kulit yang dijahit dengan pola berlian sehingga terlihat mewah. 

Soiatti ingin menjaga penampilan asli motor ini sebaik mungkin. Meski begitu, mereka tetap menerapkan signature touch mereka pada bagian tangki bensin. Polesan mengkilap diterapkan setelah mereka memperbaiki bagian dalam sehingga dapat tetap menampung bensin dan bekerja sebagaimana tangki bensin bawaan pabriknya.

Serta, bagian depan diganti dengan menggunakan sebuah papan berwarna putih yang sederhana dengan lubang untuk lampu LED di sebelah kirinya.

Hasilnya, motor ini benar-benar terlihat seperti bangkit dari kematian dengan beberapa upgrade yang membuatnya terlihat lebih “hidup” dari versi asli.

Lo termasuk salah satu orang yang suka sama motor jadul, Bro?