Pesona Rat Bike BSA A10 dari Bavaria

LAZONE.ID - Kesan usang yang dibuat bikin motor ini terlihat unik dan penuh gaya.

BSA, sebuah motor asal Britania Raya yang melegenda. Motor ini adalah salah satu motor jadul buruan para kolektor dan para bike enthusiast. Banyak yang menyukai bentuk originalnya, sehingga tidak memodifikasi sama sekali kalau mendapatkan satu unit dengan kondisi bagus, atau mungkin direstorasi jika unit yang didapatkan dalam kondisi kurang baik.

Ada juga yang menyukai bentuk dasarnya dan digunakan untuk dasar modifikasi. Seperti yang dilakukan oleh Enrico Pauli dari Bavaria, Jerman. Dirinya adalah pendiri Loose Screw, sebuah bengkel publik yang menjadi tempat untuk orang memodifikasi sendiri motor mereka, atau dengan bantuan staf yang tersedia di sana. Loose Screw sendiri tumbuh jadi sebuah community space untuk para pecinta modifikasi.

Enrico menggunakan aliran modifikasi yang unik yaitu Rat Bike. Buat lo yang belum tau, Rat Bike adalah aliran modifikasi di mana seseorang membuat motor yang dikerjakannya terlihat seakan dalam keadaan kurang baik karena seperti berkarat, cat yang seolah mengelupas dan sebagainya. Semuanya adalah hasil pengerjaan dengan teknik tersendiri sehingga tercipta tampilan sedemikian rupa. Seperti yang diterapkan Enrico pada BSA A10 1956 ini.

Mungkin motor ini terlihat seperti Rat Bike seutuhnya, tapi Enrico pengen sesuatu yang lebih segar untuk bagian dalam motornya. Dirinya menggunakan banyak komponen mesin baru supaya performa BSA A10 ini masih terasa sangar ketika digunakan di jalan raya.

Pada bagian belakang, Enrico mempertahankan roda bawaan berukuran 19 inch dari BSA dan menutup velgnya dengan sand-tracker discs. Pada bagian depan, dirinya mengganti roda tersebut dengan roda berukuran 21 inch dengan hub dari Triumph Tiger 650.

Karena tangki bawaan udah gak layak, Enrico pun menggunakan tangki dari sebuah dirt bike Husqvarna yang catnya sudah terkelupas dan ada sedikit penyok di bagian atasnya. Selain itu, jok yang terlihat tua ternyata merupakan jok baru yang didesain oleh Bad Ass Seat dari Belanda. Kedua hal ini menambah kesan rat bike yang ada. 

Pada bagian depan, Enrico mengganti handlebar dengan handlebar dari BMW K100 dan sepasang gagang stang BMX. Sentuhan BMX juga terlihat dari kickstarter yang diganti dengan bentuk pijakan pedal sepeda.

Unik banget ya, Bro? Sesuatu yang terlihat tua dan usang ternyata bisa menjadi sebuah karya tersendiri.