Motor Listrik Ini Terbuat dari Kayu, Gimana Jadinya Ya?

LAZONE.ID - Pakai kayu jenis Jatoba.

Sebenarnya, Avionik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan. Tapi entah kenapa perushaan itu saat ini lagi membuat inovasi dengan produk baru, yakni sepeda motor listrik bernama V1. Uniknya, sepeda motor ini memakai sadel, mesin, lampu, dan tuas rem yang semuanya dibuat dari kayu jenis Jatoba.

Ide pembuatan motor listrik Avionik V1 ini muncul saat dua pendiri perusahaan Jaromir dan Bartek bertemu. Mereka ingin membuat sepeda listrik tapi dengan konsep era tempo dulu atau vintage di dalam desain yang mereka buat.

Avionik V1 sendiri dilengkapi dengan mesin bertenaga listrik tanpa kabel sebesar 5.000 watt. Mesin ini terhubung dengan baterai lithium-ion yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal 120 kilometer/jam.

Ya kalo dihitung-hitung dengan daya tersebut, sepeda motor ini bisa menjangkau perjalanan sekitar 75 kilometer lah. Buat durasi pengisian baterai sampai penuh, lo membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Soal bagian pengereman, sepeda motor ini memakai cakram berat yang dipasang di bagian depan dan belakang.

Walaupun dikenal sebagai sepeda motor kayu, tapi enggak 100% komposisinya adalah kayu. Avionik V1 mengkombinasikan antara kayu, baja, dan kulit. Baja digunakan untuk membentuk bingkai elegan serta memadukan lengkungan pegas di antara pelana kayu dan bagian depan sepeda untuk menambah kenyamanan pengendara.

Nah, dibagian pelana dan casing lampu terbuat dari kayu. Buat pegangannya memakai kulit lentur berwarna cokelat untuk menjaga kenyamanan saat memegang setir. Wah keren kan, kalo dibawa buat jalan-jalan asik juga nih.