Motor Masa Depan Energica

LAZONE.ID - Motor listrik dengan bodywork racer.

Seminggu yang lalu, desainer utama Ducati mengatakan kepada Digital Trends bahwa "Elektrifikasi akan mengubah desain motor, bahkan lebih dari itu akan mengubah desain mobil."

Tapi seperti diketahui, pengendara sepeda motor adalah kelompok yang pada dasarnya konservatif. Tapi akan begitu kerennya jika motor masa depan mengikuti jejak Energica yang luar biasa ini, yang dirancang ulang oleh deBolex Engineering Inggris.

Proyek ini dimulai oleh Gareth Maxwell Roberts, sutradara film dokumenter Oil in the Blood. Film ini memperjuangkan nilai-nilai analog dan keterampilan tradisional, tetapi juga mempunyai visi untuk masa depan.
 



Gareth memilih Calum Pryce-Tidd dan Des Francis dari deBolex. Mereka adalah pengrajin tradisional, di antara yang terbaik di Eropa, dan telah membangun motor untuk Gareth di masa lalu.

Gareth membutuhkan mitra dalam modifikasi ini, jadi dia menjangkau TW Steel, pembuat jam tangan Belanda. Setelah penelitian yang luas, Gareth dan Calum menemukan ini dari Energica Motor Company of Modena, Italia. Energica sangat mengakar dalam balap, dan akan memasok mesin untuk kelas MotoE di MotoGP musim ini. Motor ini setara dengan 145 hp dan 200 Nm, dan jangkauan 125 mil.

Calum dan Gareth mengunjungi pabrik untuk briefing dengan kepala teknologi Energica, Giampiero Testoni. Motor itu pun dikirim ke Inggris seminggu kemudian.

“Tenggat waktu sangat ketat dan kita tidak tahu apa yang kita hadapi, sampai Energica ada di bengkel dengan panel-panel dilepas untuk meninggalkan sasis yang kosong," kata Calum.
 



Motor itu ternyata menjadi kejutan yang menyenangkan. deBolex hanya perlu memindahkan modul ABS dan menyesuaikan subframe belakang. Dengan cara itu, mereka memiliki sasis yang siap menerima bodywork.

Calum menghabiskan beberapa hari berikutnya membuat sketsa ide-ide mereka, sebelum menentukan desain akhir. Mereka mulai membentuk bodywork baru dari aluminium.