Apa perbedaan dari sepeda listrik, dan motor listrik? Keduanya punya konsep yang mirip, namun ada perbedaan yang jelas terasa di antara keduanya. Motor listrik rata-rata punya output tenaga yang besar karena berusaha menyaingi motor dengan bahan bakar yang juga punya tenaga besar. Sepeda listrik biasanya ditujukan buat lo yang ingin berkendara santai seperti naik sepeda tapi tak ingin terlalu cepat.

Tapi, brand motor elektrik Zooz ingin menyatukan konsep keduanya. Terciptalah Zooz Concept 01 yang ingin menyamai tenaga dari sebuah motor namun tetap ramping dan ringan seperti sebuah sepeda.

Ngomong-ngomong soal ringan, ‘hybrid’ antara sepeda dan motor listrik ini punya bobot cuma 39 kg, Bro! Rasanya hal tersebut wajar aja kalau melihat keseluruhan body yang sangat minimalis.



Lo bisa lihat bagian segitiga frame di bawah jok “motor” ini koson. Pada motor listrik bertenaga besar, di sanalah biasanya mesin dan baterai berkapasitas besar tersimpan. Zooz membuatnya kosong supaya mereka bisa mendapatkan bobot ringan yang diinginkan.

Dengan kecepatan bisa mencapai 100 km/jam, mereka mengatakan bahwa Concept 01 adalah sesuatu yang emang didesain untuk dikendarai pada batas maksimalnya. Sebuah kecepatan yang nanggung emang untuk sebuah motor kalau ingin disebut kencang. Tapi berhubung motor ini memadukan konsep sepeda listrik dan motor listrik, kecepatan tersebut dirasa cukup.

Selain karena minimnya komponen yang gak perlu, Zooz membuat bodywork Concept 01 ini dari bahan serat karbon. Inilah yang membuat bobot dari motor ini sangat ringan.



Meski kelihatannya motor ini gak bisa ngebut, lo bisa lihat video di bawah bagaimana pengendara bisa memacu motor ini sampai batas maksimalnya.



Gimana menurut lo Bro tampilan dari motor unik yang satu ini? Sayangnya ini bukan produk akhir dari Concept 1. Namun dengan kemampuan Zooz membentuk motor unik seperti ini, bukan gak mungkin hasil akhirnya bakal lebih mengejutkan.