Di pasar mobil klasik dan antik, mobil langka memiliki harga premium. Harga makin naik lagi jika asal-usul pemiliknya terkenal.

Collectingcars.com mendaftarkan Porsche 911 Carrera 3.0 RSR IROC 1974 yang sangat langka. Ada 17 tawaran dengan nilai tertinggi di $850.500.

Apa yang istimewa dari mobil ini?

Baca Juga: Selera Mobil Unik Kapten Swiss yang Depak Prancis



Pertama mobil ini sangat jarang sehingga hanya satu dari 15 yang sengaja dibangun oleh Porsche untuk International Race of Champions (IROC). IROC adalah seri balapan yang menggunakan mobil identik dan membawa juara balapan dari berbagai kategori olahraga motor seperti F1, NASCAR, Indy, dan reli.

Mobil tersebut pertama kali dimiliki oleh miliarder Amerika dan pensiunan pembalap mobil profesional Roger Penske yang kebetulan menjadi salah satu penyelenggara IROC. Penske juga memiliki Indianapolis Motor Speedway, yang dianggap sebagai tempat olahraga terbesar di dunia.

Mobil ini digunakan untuk balapan perdana IROC dan dikendarai oleh juara F1 dua kali Emerson Fittipaldi, yang meraih pole position di balapan perdana tersebut.

Mobil telah direstorasi dan dipoles ulang dalam warna Sahara Beige aslinya dan memiliki semua stiker pabrikan dan sponsor pada masa itu. Setelah restorasi yang ekstensif, mobil tersebut memenangkan pertunjukan debutnya pada tahun 2011 di kompetisi Rennsport Reunion IV di Laguna Seca, dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi.



Sejarah mobil itu cukup panjang, Penske menjual mobil itu kepada pembalap John Tunstall yang dipakai balapan IMSA termasuk Daytona 24 Hr dan Sebring 12 Hr.

Pada 1979, Tunstall menjualnya ke gembong narkoba Pablo Escobar, yang dipakai untuk balapan di Kolombia. Raja kokain itu memodifikasi mobilnya agar terlihat seperti Porsche 935.

Escobar membalap Porsche ini berkali-kali pada 1980-an tetapi karena tuntutan perdagangan narkoba, itu tidak berlangsung lama. Pada akhir dekade, Escobar menjadi orang yang paling dicari di dunia. Pada 1991, ia merundingkan penyerahan secara damai dengan pemerintah Kolombia dengan imbalan penjara mewah yang dibangun khusus. Namun, dia ditembak mati oleh Polisi Nasional Kolombia pada 1993 setelah melarikan diri.



Tidak seperti banyak mobil mahal Escorbar yang tidak selamat dari kehancuran, mobil Porsche ini selamat.

Selanjutnya mobil berpindah tangan lagi dan dijual ke T&C Racing dan dikirim kembali ke AS pada 1993. Itu tetap sebagai Porsche 935 sampai restorasi penuh dilakukan pada 2010. Mobil tersebut saat ini terletak di Boca Raton, Florida di mana ia menunggu pemilik barunya.