Sabotage Honda Bersasis Douglas

LAZONE.ID - Perpaduan gaya antara Inggris dan Jepang vintage.

Sabotage Motorcycles Australia adalah salah satu builder yang bermula dari tempat parkir sebuah toko perangkat keras. Ketika itu dua pria bertemu memakai Honda tahun 70'an.

Mereka kini makin besar dan membuat kreasi yang benar-benar unik. Sebuah motor yang dibentuk secara artistik oleh dua tangan berbakat dan imajinasi yang jernih.

Ini adalah EW Douglas 1926 yang merupakan board tracker. Kalau lo nggak tahu merek Douglas, jangan khawatir. Mereka memang sudah tak lagi memproduksi motor sejak enam puluh tahun yang lalu.



Perusahaan Inggris itu adalah produsen motor paling inovatif pada era 1907. Bisa dibilang, Indian, Harley dan lainnya mengekor kreasi mereka yang menghasilkan mesin ringan. Douglas adalah motor pertama yang fokus pada pusat gravitasi rendah.

“Kami menemukan seorang pria di Adelaide yang menjual sasis 1926 Douglas EW350. Hanya sasisnya, tidak ada yang lain. Tapi yang kami sukai adalah bentuknya. Klasik 'tangki dalam bingkai'," katanya Andy dan Giles.



Sasis itu pun dipasangkan dengan mesin Honda vinntage. Mereka memakai sebuah CB125 yang lengkap dengan suku cadangnya.

“Banyak waktu dihabiskan di bagian roda belakang. Itu adalah hub Honda C90 dengan pelat rem CT110. Sebuah penahan rem baru dibuat, pengatur tegangan rantai, dan pengatur jarak hub," ungkapnya.

Bodywork-nya dibuat minimal, tetapi dibuat dengan cemerlang. Tangki adalah unit dalam bingkai yang dibentuk seperti yang mereka lakukan seabad yang lalu.

Sementara cowl depan yang stylish dan jok sepeda tua menambah sedikit pesona bagi orang Inggris.