Sebelum Beli Moge, Lo Harus Tau 3 Hal Ini Dulu

LAZONE.ID - Apalagi lo baru pertama kali naik moge, wajib baca banget nih

Siapa sih yang enggak mau punya motor gede alias moge. Kalo bawa motor ini, otomatis lo pasti jadi pusat perhatian di jalanan. Tapi, dengan dimensi dan bobot yang jauh di atas rata-rata, mengemudikan moge harus butuh penyesuaian. Apalagi lo baru pertama kali. Nah, sebelum lo beli moge dan mencoba mengendarainya, lo harus tau tiga hal ini dulu bro.

Sebelum Beli Moge, Lo Harus Tau 3 Hal Ini Dulu

Bobot dan dimensi

Jangan menyamakan moge dengan motor umum di jalanan. Soalnya, moge punya karakteristik yang beda, bisa dilihat dari bobot dan dimensi. Moge biasanya dilengkapi dengan komponen spare parts yang lebih banyak, dibandingkan dengan motor umumnya. Jadi jangan heran kalo bobot dan dimensinya besar. Nah, untuk pemula, lo wajib tau dulu gimana cara mendirikan, bertumpu, hingga mengangkat moge dengan benar.

Tenaga

Mesin dengan kubikasi besar bakal menghasilkan tenaga dan torsi yang besar juga. Jadi, kenali dulu karakteristik dayanya dengan membuka gas secara perlahan. Enggak cuma itu, lo juga harus baca spesifikasi di buku petunjuk penggunaan untuk memahami karakteristik mesin moge.

Pengereman

Karena moge ini menghasilkan tenaga yang besar, jadi akselerasinya bakal lebih agresif dibandingkan dengan motor umumnya. Nah, untuk menghentikan lajunya itu butuh teknik pengereman khusus biar lo enggak terpeleset. Tipsnya, lo harus membutuhkan jarak pengeraman yang lebih panjang dibanding motor lain.