Ada rencana jalan-jalan kemana akhir minggu ini? Pergi jalan-jalan ke suatu tempat bersama orang-orang tersayang bisa menghilangkan penat yang kamu rasakan akibat pekerjaan. Jangan lupa juga ajak hewan peliharaan dalam perjalanan tersebut. Siapa tahu bisa bikin suasana lebih semarak. Namun mengajak hewan peliharaan juga nggak boleh sembarangan. Mereka memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan situasi yang baru, termasuk suasana mobil.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyimak tips-tips di bawah ini saat kamu mengajak hewan peliharaan dalam perjalanan.

Tempat

Tempatkan hewan dalam kandang dengan ventilasi yang baik. Jangan lupa untuk memakaikan sabuk keselamatan khusus buat hewan peliharaanmu.

Suasana

Ciptakan suasana positif saat berkendara. Ini perlu kamu lakukan agar peliharaan kamu bisa tetap tenang dan menyukai perjalan dalam mobil.

Meninggalkan peliharaan di dalam mobil

Sekali pun jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan di dalam mobil. Namun jika memang terpaksa, pastikan sirkulasi udara dalam mobil lancar. Jika ada, sediakan juga makanan-makanan ringan dan air minum yang cukup untuk menjaga hewan peliharaan terhindar dari dehidrasi.

Ciptakan suasana yang familiar

Ciptakan lingkungan yang familiar bagi hewan peliharaanmu. Untuk mendukung hal itu, kamu bisa membawa mainan dan perlengkapan yang bisa digunakan di dalam mobil. Dengan begitu hewan peliharaan akan mudah beradaptasi dengan suasana mobil.

Istirahat

Dalam perjalanan panjang, jangan lupa untuk berhenti sejenak buat memberikan waktu bagi hewan peliharaan kamu buang air atau sekedar berlari-lari.

Hewan juga makhluk hidup seperti manusia. Mereka juga butuh kenyamanan dalam segala hal, termasuk saat melakukan perjalanan. Semoga bermanfaat!