Tribute Royal Enfield 500 Sebelum Disuntik Mati

LAZONE.ID - Motor dengan sejarah panjang itu kini tak lagi diproduksi.

Sebagai salah satu motor tertua yang masih beroperasi di pasaran, sudah sepantasnya Royal Enfield memberikan unit 499cc edisi tribut. Terlebih motor itu juga bakal disuntik mati.

Royal Enfield bikin motor edisi Classic Tribute Black. Mesin satu-silinder, katup overhead engine dapat membawa kita kepada asal-usulnya motor yang berusia hampir 100 tahun. Sejarah motor itu sudah ada sejak 1930-an ketika mesinnya membantu memobilisasi jutaan pengendara motor di Inggris, Eropa dan di India, di mana masih populer.

Namun, semakin ketatnya peraturan emisi, hal itu seperti lonceng kematian bagi RE 500. Paling tidak ada penggantinya untuk mesin 350 dan 650 yang telah menyedot banyak potensi penjualannya di jajaran Royal Enfield.



Meskipun demikian, motor yang penuh dengan nostalgia itu kini ada versi tributenya dengan Classic Tribute Black. Tidak jelas berapa banyak yang tersedia tetapi 500 tampaknya angka logis.

Seperti namanya, motor itu bakal tampil dengan warna hitam menutupi tangki dan fender, ditambah hitam matte pada knalpot. Setiap motor akan dibuat sesuai pesanan dan dibuat dengan handmade di India.

Royal Enfield 500 Classic Tribute Black akan menjadi model terakhir yang diluncurkan dengan mesin 499cc, menjadikannya edisi final yang sangat istimewa. Ini menghasilkan torsi 27hp dan 30Ib-ft.