Dalam menciptakan sebuah produk hingga menjadi mobil yang bisa dikategorikan ramah lingkungan, General Motors (GM) lagi ngembangin dan menguji prototipe Chevrolet Colorado bertenaga hidrogen, bro.

Luar biasanya, GM menggandeng Angkatan Darat Amerika Serikat buat ngembangin mobil ini, Kabarnya uji coba bakal segera dilakukan di fasilitas Tank Automotive Reseacrh Development & Engineering (TARDEC) di Michigan, AS, secara ekstrem dalam rutinitas militer selama 12 bulan, bro.

"Teknologi hidrogen, penting untuk portofolio GM. Kerja sama ini memungkinkan teknologi kami diuji coba untuk menghadapi tugas-tugas militer," ujar Charlie Freese, Fuel-cell Engineering Director GM.

Pabrikan yang bermarkas di Detroit juga ngejelasin, walaupun untuk kerja berat militer, mobil ini enggak berisik. Lahir dengan DNA ramah lingkungan, fuel-cell vehicle (FCV) dan memiliki torsi sangat tinggi yang mumpuni di trek off-road. Selain sebagai sumber listrik, hidrogen ini tentu bisa jadi alternatif sumber air di lingkungan yang gersang.

"FCV merupakan jenis kendaraan yang sangat tenang, sangat cocok untuk pengintai, operasi khusus serta dilengkapi beberapa fitur spesial dan premium," jelas Paul Rogers, direktur TARDEC.

Dan seperti yang udah loe tau sebelumnya, bro. Mobil dengan bahan bakar hidrogen tidak ngeluarin emisi apapun. Justru yang dikeluarin malah uap air dari knalpotnya.
Biarpun bakal dipake buat keperluan militer dan dikirim ke luar negeri buat perang, tapi Colorado gak akan dilengkapi sama senjata, bro. Pihak AD AS malahan berniat buat mengeksplorasi teknologi hidrogen yang potensial, diinstalasi pada kendaraan taktis ringan serta mobil komersil untuk warga sipil.