Upgrade KTM 990 ‘Super Supermoto’

LAZONE.ID - Tampil lebih garang dari aslinya

KTM, brand pabrikan motor yang terkenal di dunia offroad emang nawarin banyak seri motor yang handal digunakan di berbagai medan. Salah satu seri moge KTM yang digemari adalah KTM 990. Seri satu bahkan punya dua varian untuk penggunaan di medan yang berbeda, ada varian supermoto dan ada juga varian adventure yang bakal lebih lihai di medan offroad.

Supermoto adalah salah satu aliran motor yang menarik karena dengan body atau desain motor adventure/trail, lo bisa mendapatkan kenyaman berkendara di jalanan aspal kota. Biasanya supermoto juga punya tenaga lebih besar dibandingkan motor-motor sejenis di kelasnya. 

Nick Murray yang berasal dari Selandia Baru merombak dan ngasih upgrade untuk KTM 990 varian supermoto yang sebenarnya udah keliatan garang dari sananya. Upgrade secara penampilan adalah salah satu yang paling terlihat ketika motor ini muncul ke permukaan.


Mungkin secara sekilas, motor ini kelihatannya gak banyak perubahan. Tapi kalau lo sandingkan dengan KTM 990 Supermoto bawaan pabrik, lo bakal menemukan banyak perbedaan di antara keduanya.

Nick sendiri menggunakan KTM 990 SMT yang rilis tahun 2011 lalu. Dirinya mengaku jatuh cinta pada power motor ini, tapi benci dengan berat dan tampilannya. Makanya, ada berbagai upgrade dari segi visual yang diberikan.

Salah satu bagian yang dipangkas adalah ukuran tangki bahan bakarnya, KTM 990 SMT 2011 semula memiliki tangki bahan bakar sebesar 19 liter dan Nick menggantinya dengan yang berkapasitas 14 liter. Penggantian fuel cell ini sedikit berpengaruh terhadap posisi perkabelan dan kelistrikan yang ada di sekitarnya.

Untuk tampilan yang lebih garang, Nick menerapkan detail serat karbon pada beberapa bagian bodywork. Perpaduan warna oranye khas KTM dengan hitam dan corak karbon bikin motor ini kelihatan lebih garang dari versi bawaan pabrik.


Gak cuma mengubah kapasitas tangki bensinnya jadi lebih kecil, Nick juga menggantinya dengan material aluminium yang terkenal ringan dan kuat. Gak cuma di bagian tangki bensin, dirinya juga menggunakan material aluminium di banyak panel yang melekat pada motor.

Supaya cocok dengan ukuran tangki bensin yang mengecil, Nick juga memasangkan jok dari KTM 450 SX yang secara dimensi sedikit lebih kecil dari milik KTM 990 SMT.

Dengan segala pemangkasan yang ada, berat motor ini berkurang dari 198 kg dalam keadaan tangki kosong jadi 160 kg dalam kondisi bensin terisi penuh. Pemangkasan berat yang cukup signifikan.

Dengan adanya pengurangan beban tersebut, tenaga motor ini jadi serasa mendapatkan upgrade yang lumayan signifikan. Kini, tenaga motor tersebut mencapai 112 horsepower.