Yamaha GTS 1000 merupakan motor sport touring yang punya chassis dan suspensi berbeda dari motor konvensional. Ia punya garpu dan suspensi di tengah-tengah mesin.

Tapi Scheffers Engineering membuktikan bahwa motor tersebut bisa menjadi monster. Apalagi genre sport touring diubah menjadi cafe racer.

Pemilik rumah modifikasi tersebut, Roel Scheffers menemukan motor itu empat tahun lalu saat tinggal di Belanda. Motor kelahiran 90'an itu memang menjadi salah satu motor yang kompleks.

Ia memulai dari suspensi belakang agar mencocokkan dengan ujung depan single sided. Ia mencangkok swingarm milik Honda VFR 750.



Tak cuma suspensi yang simetris, roda depan juga merupakan campuran unsur Honda NSR150 SP dan VFR 750. Ia melakukan ubahan banyak pada velg.

Butuh waktu banyak juga untuk membuat tangki bahan bakarnya. Ia membuatnya dari alumunium dengan dipisahkannya bahan bakar dan minyak.

 


Sialnya, semua kebutuhan yang diharapkannya sulit sekali didapat. Sebab, selama beberapa tahun ini ia pindah dari Belanda ke Norwegia.

"Norwegia merupakan negara besar, tapi sangat langka sekali menemukan alat-alat seperti itu. Jadi eBay adalah teman baik saya," katanya.