Ngomongin gadget nih Bro, pasti banyak yang langsung kepikiran smartphone, tablet, smartwatch dan lainnya. Ada dua brand yang berkuasa di dunia gadget yaitu Samsung dan Apple dengan berbagai produk yang mereka keluarkan setiap tahun.

Persaingan keduanya dimulai ketika Apple meluncurkan iPhone untuk pertama kali pada tahun 2007, sedangkan Samsung meluncurkan Samsung Galaxy pada 2009 yang lalu. Brand seperti Nokia dan Sony Ericsson saat itu mulai kewalahan ngejar.

Tapi lo tau gak Bro, perusahaan gadget mana yang paling lama berdiri? Samsung mungkin emang udah ada sejak tahun 1938, tapi mereka bukan yang paling tua. Berikut ini Bro, 4 brand gadget paling tua di dunia beserta produk pertama yang mereka jual.

 

International Business Machines (IBM) - 1911

IBM adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang sekarang fokus dalam bidang Artificial Intelligence. Saat pertama berdiri, mereka adalah penjual alat-alat perkantoran seperti mesin tik elektrik untuk keperluan pengerjaan dokumen kantor. IBM juga pernah membuat ponsel pintar bernama “IBM Simon”, yang merupakan nenek moyang dari smartphone yang lo pegang saat ini.

 

Ericsson - 1876

Ericsson bersama Sony pernah kolaborasi dan bersaing dengan Nokia untuk merajai pasar feature phone mulai akhir 90-an sampai tahun 2000-an. Persaingan mereka pun mulai runtuh ketika Apple dan Samsung masuk dengan smartphone mereka. Ericsson ternyata emang brand yang berpengalaman dalam hal komunikasi, mereka adalah pembuat telegraf dan telepon.

 

Nokia - 1865

Wah, siapa deh yang gak tau brand asal Finlandia yang satu ini? Nokia terkenal karena produk feature phone buatan mereka di era tahun 2000-an. Pernah bangkrut dan akhirnya bangkit lagi serta ikut bersaing di dunia smartphone, Nokia ternyata bukan produk teknologi pada awalnya, Bro. Nokia dulunya adalah produsen kertas, bahkan punya produk tisu toilet sendiri!

 

Siemens - 1847

Siemens, seperti Nokia dan Sony Ericsson pernah ikut bersaing dalam dunia ponsel. Mereka bahkan pernah jadi sponsor utama klub sepak bola raksasa Eropa, Real Madrid pada awal tahun 2000-an. Sayangnya nama mereka sekarang udah hampir gak pernah terdengar. Seperti Ericsson, ternyata Siemens juga adalah brand yang berpengalaman dalam dunia telekomunikasi. Siemens dulunya adalah produsen telegraf, Bro.

Wah, Nokia gokil ya Bro? Dari perusahaan kertas mereka jadi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Kayaknya nih, kalau deretan brand di atas