Beberapa tahun belakangan ini, persaingan di pasar smartphone emang gila banget, Bro. Bahkan hampir semua brand berlomba untuk mengisi semua lini dari entry level hingga kelas flagship demi memenuhi permintaan konsumen yang dinamis setiap waktunya.

Saking ketatnya persaingan smartphone di dalam negeri, ada beberapa brand yang dulu tuh jadi idola, tapi sekarang cuma jadi sejarah. Mau tau apa aja brand nya? Ini dia list-nya, Bro!

 

  1. LG

Meski brand LG Electronics Indonesia udah mulai ikut bersaing sejak tahun 1990, sayangnya LG udah lama gak terdengar merilis smartphone barunya di Indonesia. Itu karena ternyata mereka memutuskan untuk pergi dari pasar dalam negeri pada 2018 lalu.

 

2. Sony

Brand satu ini dulu dikenal juga dengan nama Sony Ericsson. Sayangnya, Sony gak kuat bersaing dengan brand-brand lain yang masuk ke pasaran dengan spek tinggi dan budget yang lebih minim.

 

3. BlackBerry

Dulu, BlackBerry bukan cuma sebuah alat komunikasi. BB jadi pertanda status sosial seseorang sebelum tren tersebut digantikan oleh iPhone.

Ternyata BlackBerry juga menyerah dari persaingan dalam negeri, bahkan mereka pun hampir bangkrut di persaingan industri smartphone dunia.

 

4. Lenovo

Lenovo adalah salah satu brand smartphone yang sempat berjaya di Indonesia. Tapi, tahun lalu mereka memutuskan untuk pergi dari kerasnya persaingan pasar smartphone dalam negeri, Bro. Penjualannya di berbagai lini menurun drastis sebelum mereka memutuskan untuk pergi.

Sayang banget ya, Bro. Dari list di atas mana smartphone yang masih lo punya sekarang?