Apple Patenkan Teknologi Virtual Speaker

LAZONE.ID - Teknologi yang bisa memberikan simulasi suara dari segala sisi.

Ketika menyaksikan film di bioskop, pengalaman menonton menjadi lebih asyik karena kualitas sistem audio yang mumpuni. Suara bisa terdengar dari segala sudut ruangan. Apple tengah mencoba membuat sesuatu yang seperti ini.

Dalam sebuah file paten yang didaftarkan ke USPTO, Apple diketahui sedang mengembangkan teknologi virtual audio. Yang nantinya akan bisa membuat user mendengarkan suara apapun yang keluar dari speaker built-in di MacBook mereka dari segala sisi.

The Verge menulis yang dikutip dari 9to5Mac, Apple menggunakan sistem akustik virtual dengan memanfaatkan crosstalk canceling. Sehingga suara yang terdengar nantinya akan bisa terasa keluar dari segala sisi di ruangan, bukan hanya dari satu titik di loudspeaker  yang sedang aktif.



Paten ini sendiri sudah didaftarkan sejak 2018. Kini akhirnya Apple berhasil mendapatkan hak paten untuk teknologi yang mereka ingin kembangkan tersebut.

Sistem virtual speaker ini bisa digunakan untuk banyak hal, terutama untuk menegaskan rasa kedekatan dengan sumber suara. Ketika menyaksikan pertandingan olahraga misalnya, loe akan seperti berada di stadion beneran. Ketika main game, suaranya pun akan jadi lebih terasa nyata.

Kira-kira kapan ya Apple akan mengaplikasikannya ke device? Kita tunggu saja.