September 2020, Sony mengumumkan bakal merilis sekuel Horizon Zero Dawn ke PS4 dan PS5. Saat itu diumumkan juga semua pembeli game ini di PlayStation 4 bisa mendapat upgrade gratis kalau mereka ganti konsol ke PlayStation 5.

Lalu kabar lain datang baru-baru ini yang menyebabkan kebingungan. Lantaran Sony dan Guerilla, developer game Horizon Forbidden West, menyebut kalau sudah beli game ini di PlayStation 4 dan ingin main di PlayStation 5, pemain diharuskan buat membeli satu kopi game lagi.

Tapi akhirnya lewat sebuah pernyataan, pihak Sony mengumumkan khusus buat Horizon Forbidden West mereka akan menepati janjinya tahun lalu. Sehingga sudah dipastikan pemain PlayStation 4 yang mengganti konsol ke PlayStation 5 tetap bisa melakukan upgrade game Horizon Forbidden West tanpa tambahan biaya.

Baca Juga: Nasib Game Horizon Forbidden West di Masa Pandemi



Tapi nggak semua game akan diperlakukan sama. JIm Ryan, bos Sony Interactive Entertainment memberikan penegasan kalau game lain akan tetap perlu duit buat upgrade. Hanya saja loe nggak harus membeli satu kopi game dengan harga yang sama, tapi cukup membayar USD 10 saja untuk satu game.

Untuk game yang dirilis dari pihak ketiga, kebijakan free upgrade dari PS4 ke PS5 tetap berlaku. Yang pasti, Sony ingin memastikan para pemain PlayStation tidak terlalu dan selalu berharap buat mendapatkan free upgrade.

Horizon Forbidden West jadi salah satu pengecualian.

Horizon Forbidden West akan dirilis pada 18 Februari 2022. Sebelumnya perilisan Horizon Forbidden West direncanakan saat musim liburan 2021 yakni akhir tahun. Tapi karena pandemi akhirnya perilisan game ini dirilis seperti halnya beberapa game lainnya juga.

Horizon Forbidden West kini sudah bisa di pre-order.