Pada tanggal 27 Januari 2010 lalu, Apple lagi-lagi bikin inovasi yang bikin banyak orang ragu, sekaligus excited. Teknologi yang dirilis saat itu adalah iPad, yang sekarang merajai pasar tablet internasional. Perilisan iPad banyak diragukan orang karena tablet komputer adalah hal yang kurang lazim, dan para pengguna meragukan fungsionalitasnya sebagai sebuah “komputer”.

Sekarang, setelah 10 tahun Apple menguasai pasaran tablet, bahkan beberapa kompetitor mencoba menyaingi mereka dan hasilnya gagal. Dalam 10 tahun itu pula gadget satu ini bikin sejarah. Nih Bro, beberapa fakta menarik di balik sang raja tablet.

Terjual 300.000 unit pada hari launching

Kemunculan iPad mungkin emang diragukan banyak orang saat itu, tapi bukan berarti produk tersebut gak laku. Para penggemar brand satu ini langsung menyerbu di beberapa Apple Store yang ada. Selain terjual 300.000 unit, iPad saat itu hadir dengan hampir satu juta aplikasi yang udah compatible dan juga lebih dari 250.000 ebook.

iPad pertama berhasil dibajak cuma dalam 1 hari

Mungkin karena keamanan software yang masih belum optimal, iPad pertama ini berhasil di-jailbreak hanya dalam waktu 1 hari setelah perilisan. Jailbreak sendiri berfungsi supaya perangkat Apple bisa dimasuki aplikasi-aplikasi ilegal atau tidak resmi.

Menguasai penjualan tablet dunia

Seperti yang gue sebutkan barusan, iPad jadi raja di pasaran tablet dan itu bukan tanpa alasan. Pada kuartal pertama tahun lalu aja, sebanyak 26% pengiriman tablet di dunia adalah iPad. Bahkan kompetitor terdekatnya cuma bisa meraih angka 13,9% yang artinya jumlah tersebut hampir 2 kali lipatnya.

iPad terbaru adalah produk gadget termurah Apple

Kata “murah” bukanlah pasangan untuk produk-produk Apple. Teknologi dan kualitas yang ditawarkan Apple emang bikin brand satu ini punya harga yang cukup mahal di pasaran. Tapi, ternyata iPad generasi ke-7 yang masuk ke Indonesia akhir tahun 2019 lalu adalah produk termurah dari Apple, Bro. Saat masuk ke Indonesia, varian terendah nya (iPad 7 32GB Wifi only) dibanderol cuma Rp6,2 juta. Harga yang tentu jauh banget dari harga produk iPhone terbaru.