Sejak Minggu (14/5/2017) sampai Senin pagi ini semua orang lagi ngomongin ransomware WannaCry. Virus yang bisa menginfeksi komputer loe dan mengunci file-file penting. Sasarannya ya komputer atau laptop kantor loe yang berjalan dengan sistem operasi Windows.

Mungkin loe sudah baca di media sosial pagi ini kalau jangan langsung menyalakan komputer saat sampai kantor. Tapi kalau sudah terlanjur, pastikan loe tida terhubung ke internet. Karena WannaCry masuk ke jaringan tanpa perlu loe klik sama sekali bro.



Jadi gimana cara mengantisipastinya? Berikut cara yang disarankan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika:

1. Cabut sambungan LAN dan matikan WiFi komputer agar tidak terinfeksi.
2. Pastikan sekuriti Windows loe sudah update dengan memasang patch MS17-010 yang bisa di-download dari https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx. Pengguna Windows jadul bisa cek https://blogs.technet.microsoft.com/msrc/2017/05/12/customer-guidance-for-wannacrypt-attacks/.
3. Jangan mengaktifkan fungsi macros.
4. Non aktifkan fungsi SMB v1.
5. Blokir port 139/445 dan 3389.
6. Update software anti-virus dan anti-ransomware yang loe gunakan.
7. Backup file penting dari laptop loe ke hardisk external atau komputer lain yang selalu offline.

WannaCry memang menyerang komputer-komputer kantor yang berisi file penting. Karena mereka berharap dapat tebusan uang dalam bentuk bitcoin dengan jumlah mecapai Rp 4 juta per komputer yang diserang.

Konsultasi online untuk anti-ransomware ini bisa lo dapatkan di www.nomoreransom.org. Saran teknis juga bisa lo dapat dari Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) lewat email ke incident@idsirtii.or.id.