Talkmen.com --- Para pengguna tidak sadar saat mengunduh aplikasi game pada smartphone. Malah, game gratis menjadi sumber virus.

Dari beragam aplikasi yang tersedia di app store,pastinya game yang menjadi prioritas utama dari pengguna hp Smartphone. Tapi, menurut hasil penelitian yang dilakukan McAfee pada bulan Juni 2013 dalam laporannya berjudul Mobile Security: McAfee Consumer Trends Report, ternyata game yang memiliki aplikasi yang paling banyak terinfeksi malware.

Para hacker dunia maya menggunakan app permissions untuk memasukkan virus pada setiap aplikasi gratisan.Jika pengguna menginstal aplikasi tersebut dan tanpa sadar secara tidak langsung memberikan kebebasan penuh untuk menyebarkan malware.

Menurut kutipan PC Mag, aplikasi gratis berisi malware akan berfungsi mencuri informasi pribadi yang digunakan untuk penipuan.

"Pengguna perangkat smartpone maupun lainnya tidak sadar membiarkan data pribadi mereka di tangan penjahat kriminal ini, membuka pintu tak terbatas untuk para scammer," kata Vice President Consumer and Mobile Asia Pacific McAfee, Stephan Perchard.

Selanjutnya penelitian McAfee menyebutkan 26 persen aplikasi berbahaya ini hanya digunakan modus penipuan SMS dan eksploitasi rooting. Konsumen biasanya serinng mengabaikannya saat privasi pada saat mengunduhaplikasi.