Facebook resmi ganti nama. CEO Mark Zuckerberg mengumumkan nama barunya Meta.

Nama Meta dipilih mewakili harapan di masa depan. Mereka memang menyebut ada beberapa permasalahan di masa depan yang berhasil dilewati.

"Saya bangga mengumumkan bahwa mulai hari ini, perusahaan kami sekarang adalah Meta. Misi kami tetap sama, masih tentang menyatukan orang, aplikasi kami dan merek mereka, tidak berubah," ujar Zuckerberg.

Baca Juga: Siap-siap! Facebook Ganti Nama



Berikut fakta-faktanya:

1. Kritik Buat Facebook

"Kami telah belajar banyak dari perjuangan dengan masalah sosial dan hidup di bawah platform tertutup, dan kini saatnya untuk mengambil semua yang telah kami pelajari dan membantu membangun bab berikutnya. Aplikasi kami dan merk, mereka tak akan berubah," ungkap Zuckerberg.

Facebook belakangan memang sering panen kritik. Apalagi soal algoritma dan intervensi dalam perpolitikan Amerika.



2. Metaverse

Perubahan nama Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc., merupakan penekanan terhadap visi Mark Zuckerberg. Ia ingin membuktikan metaverse yang dianggap sebagai masa depan internet.

Konsep metaverse dipopulerkan dalam novel fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson, merujuk pada dunia digital yang dapat diakses melalui virtual reality.

Metaverse adalah titik plot yang sering digunakan dalam banyak karya fiksi ilmiah seperti film Matrix dan Ready Player One.

3. Proyek Ambisius

Proyek tersebut setidaknya telah menguras biaya sebanyak US$ 10 miliar atau sekitar Rp 141,6 triliun. Meta juga disebut Zuckerberg bakal menyatukan berbagai aplikasi di bawah satu merek.

"Ini adalah evolusi konektivitas berikutnya saat semua hal mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang mulus, jadi Anda menjalani kehidupan virtual dengan cara yang sama seperti menjalani kehidupan fisik," katanya.