Gamers Harus Tau! Inilah 7 Deretan Fakta Unik PlayStation 5

LAZONE.ID - Siap buat mainin konsol generasi terbaru ini?

Siapa di antara lo yang nunggu-nunggu PlayStation 5?

Belum lama ini akhirnya Sony mengumumkan secara resmi konsol generasi terbaru mereka itu. Sejak diumumkan oleh Sony tahun lalu banyak banget spekulasi yang beredar tentang konsol satu ini. Mulai dari bocoran bentuknya yang gak menarik, perkiraan harganya yang super mahal, serta perkiraan bakal sekuat apa konsol satu ini menjalankan game-game modern. 

Sebelumnya, ada pro dan kontra yang beredar di antara netizen dan gamer di berbagai media sosial setelah bocoran bentuk PS5 keluar. Bocoran yang beredar saat itu memperlihatkan bentuk body konsol yang berongga di beberapa sisi dan juga memiliki lekukan di tengah yang membuat dimensinya terlihat sangat tebal. Ternyata gak lama kemudian terungkap bahwa desain yang muncul pada bocoran tersebut cuma perangkat pengujian untuk para developer game yang nantinya bakal rilis di PS 5.

PlayStation 5  jadi generasi ke-5 di lini konsol keluaran Sony dan jadi generasi ke-9 dalam sejarah perkembangan konsol game. Sony menjanjikan upgrade yang signifikan dari generasi sebelumnya buat memuaskan dahaga para gamers. Kalau melihat detail yang mereka umumkan sih PS 5 bakal jauh di atas PS 4.

Nah Bro sebelum lo memutuskan untuk beli, simak dulu nih beberapa fakta menarik tentang konsol generasi terbaru dari Sony ini.

PlayStation 5 Memiliki Desain yang unik dan elegan


Saat desain resminya diumumkan, banyak penggemar brand satu ini yang terkejut karena Sony meninggalkan desain “black box” yang selalu digunakan sejak PlayStation 2. PS 5 pun tampil elegan dengan balutan warna dominan putih dengan aksen hitam di tengahnya. Desain ini tentunya terasa futuristik mengingat PS5 adalah generasi terbaru yang harus bertahan selama beberapa waktu ke depan.

Ada satu perbedaan mencolok juga dari desain PlayStation generasi sebelumnya, yaitu dimensinya yang bisa dibilang sangat tebal. Tapi, ada satu manfaat dari desain yang terkesan ‘bulky’ ini Bro.

Menurut Vice President divisi UX Design untuk PlayStation, Matt McLaurin, desain yang tebal ini sengaja dibuat untuk distribusi panas serta sirkulasi udara yang lebih merata. Menurutnya, PS 5 ini adalah sebuah “mini supercomputer” dengan tenaga yang sangat hebat. Prosesornya yang berukuran cuma 7 nanometer ini menghasilkan tenaga yang besar dan berdampak pada suhu yang dihasilkan. Teknologi pendinginan yang ada di dalamnya membutuhkan ruang lebih besar dan juga membutuhkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Mungkin desain akhir PS5 ini sempat jadi bahan sindiran warganet saat diumumkan, tapi desain futuristiknya bakal memberikan kesan yang berbeda sebagai pembuka gerbang konsol generasi terbaru. Bukan gak mungkin, desain tebal ini bakal mendapatkan versi ‘slim’-nya di kemudian hari, sama seperti versi-versi sebelumnya.

Faktanya PlayStation Terbaru Ini Mengusung Spesifikasi Yang Sangat Tinggi


Untuk menghasilkan detail dan grafis yang realistis, PS5 tentunya membutuhkan hardware yang kuat juga. Makanya Sony membekali generasi terbaru dari PlayStation dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

PS 5 bakal hadir dengan prosesor AMD Zen 2 yang menggunakan 8 core, dengan total kekuatan pemrosesan sebesar 3,5 GHz. Selain itu ada teknologi yang memungkinkah daya ‘nganggur’ dari CPU tersebut dialihkan ke GPU-nya yang ditenagai oleh AMD RDNA2. Hal ini dapat membuat processing power PS 5 dapat menghasilkan grafis yang lebih bagus lagi ke hadapan para gamers.

Penggunaan memori tipe SSD pun bakal membuat loading di PS 5 jauh lebih cepat dari PS generasi sebelumnya. Bahkan sebelumnya Sony menjanjikan bahwa para gamers gak bakal merasakan loading screen saat bermain game di PS 5. Dipadukan ruang RAM 16GB GDDR6 bikin pemrosesan software di dalamnya makin efisien.

Sony juga menghadirkan teknologi 3D Audio ke dalam teknologi untuk PS5. Selama ini, lo melihat upgrade yang signifikan untuk banyak video game yang berjalan di berbagai konsol dan juga PC. Namun belum ada perkembangan spesifik di bidang audio. Teknologi 3D Audio ini juga yang bakal jadi pembeda besar PlayStation 5. Mirip dengan Dolby Surround Sound, lo bakal bisa merasakan suara yang muncul dari bagian belakang. Bahkan suara rintikan hujan pun bakal punya suara yang berbeda untuk setiap tetes air yang jatuh ke tanah.

PlayStation 5 Punya Power Jauh Di Atas PS4


Sebagai generasi penerus PlayStation 4, tentunya PlayStation 5 harus punya keunggulan yang cukup signifikan supaya dilirik oleh banyak orang. Dan upgrade besar terlihat dari bagian CPU yang digunakan.

Sebelumnya, di atas disebutin bahwa PS 5 menggunakan prosesor AMD Zen 2 dengan 8 core yang menghasilkan power sebesar 3,5 GHz. Power ini jauh di atas prosesor yang digunakan pada generasi sebelumnya. PlayStation 4 yang menggunakan Jaguar core dengan jumlah yang sama menghasilkan tenaga ‘cuma’ 1,6 GHz. Artinya, tenaga yang dihasilkan PS 5 dua kali lipat lebih besar dari generasi sebelumnya.

Teknologi pengalihan daya tak terpakai dari CPU ke GPU juga membuat bagian pengolahan grafis PS 5 mendapat lonjakan power dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Fitur Unik Terbaru PlayStation 5 Memiliki Controller Dual Sense


Untuk rebranding generasi terbaru, Sony juga ikut memberikan nama baru untuk controller PlayStation mereka. Sebelumnya Sony selalu menggunakan nama DualShock dari generasi pertama hingga yang sebelumnya, DualShock 4 untuk PlayStation 4.

Ternyata, nama DualSense juga punya kaitan dengan beberapa fitur baru yang dihadirkan Bro. Lo bisa merasakan intensitas getaran yang beda di stick PlayStation 5 sesuai dengan apa yang sedang terjadi di dalam game. Angle dari tombol R2 dan L2 juga disesuaikan untuk fungsi yang lebih banyak.

Sekarang lo harus menyesuaikan tenaga yang digunakan ketika menekan tombol R2 dan L2 untuk mendapatkan hasil yang berbeda misalkan ketika menembakkan anak panah. Getaran yang terjadi juga bisa aja ngasih lo feel yang beda ketika menembakkan senjata yang berbeda juga. Misal dalam memainkan game action, para gamers bakal mendapatkan sensasi getaran yang berbeda saat menggunakan sebuah machine gun dibandingkan ketika menggunakan shotgun.

Ini membantu para gamers lebih menjiwai terhadap apa yang sedang dimainkan di hadapan mereka.

Selain itu, DualSense bakal punya bobot yang lebih berat dibandingkan DualShock 4. Ini dikarenakan DualSense menampung baterai dengan kapasitas yang lebih besar dari controller generasi sebelumnya.

Tapi sebagai catatan Bro, kapasitas lebih besar bukan berarti daya tahan baterai yang lebih lama. Sony menanamkan kapasitas lebih besar ini dengan tujuan untuk mengakomodasi intensitas dari semua fitur tambahan yang ada.

Fakta Unik dari PS5 Ada Versi Reguler dan Digital, Apa Bedanya?


Saat mengenalkan PlayStation 5 ke publik, Sony ternyata memperkenalkan dua versi sekaligus. Dua versi tersebut adalah versi digital dan versi reguler. Apa sih beda di antara keduanya?

Sebenarnya perbedaan utama dari kedua versi ini adalah pada versi digital, gak ada Blu Ray disc drive yang biasa digunakan untuk memasukkan kaset game yang bakal dimainkan. Versi digital sendiri bakal jadi konsol berbasis internet untuk mengunduh game yang ada dari PlayStation Store menggunakan akun PlayStation Network.

Absennya disc drive membuat versi digital jadi opsi yang lebih menarik buat sebagian player. Soalnya, versi digital terlihat lebih ramping dibandingkan versi reguler yang terdapat disc drive di salah satu bagiannya.

Untuk pemilik versi reguler, ada satu keuntungan tambahan selain dari bisa memainkan game. Blu Ray disc drive yang ada pada versi reguler juga bisa digunakan untuk memutar disc film dengan format yang sama. Fungsi ini udah hadir sejak PlayStation 3 hadir tahun 2007 lalu. Jadi bisa dibilang, PS dengan Blu Ray disc drive bukan cuma konsol yang keren buat para gamer, tapi juga merupakan sebuah Blu Ray player yang cukup mumpuni.

Tampilan lebih ramping dari versi digital juga membuat banyak gamer lebih melirik versi tersebut. Versi digital dari PS 5 juga disebut-sebut bisa jadi pionir dalam menciptakan “disc-less console” di masa depan.

Beberapa Judul Besar Siap Dimainkan Saat Rilis di PS5


Meski belum punya tanggal pasti, bisa diperkirakan PS 5 bakal hadir untuk para gamers di sekitar akhir tahun nanti. Beberapa judul besar seperti Resident Evil 8: Village, CyberPunk 2077, Demon’s Soul, Assassin’s Creed: Valhalla, Gran Turismo 7, dan Spider-Man: Miles Morales siap lo mainkan.

Buat lo pecinta adrenalin, Resident Evil 8: Village bakal melanjutkan kisah horor yang sempat dihadirkan oleh Resident Evil 7. Di lanjutannya ini, lo bakal memainkan karakter yang sama dengan RE 7 yang menemukan rahasia besar pasca kejadian di seri sebelumnya. Bukan cuma zombie, Resident Evil 8 juga bakal menghadirkan sosok werewolf sebagai salah satu villain utama dalam game. Salah satu jagoan utama franchise Resident Evil, Chris Redfield juga bakal hadir di seri ke-8 ini.

Buat lo pecinta game balap, lo pasti gak sabar buat memainkan game Gran Turismo 7. Sejak kehadirannya di PlayStation 1, Gran Turismo selalu berinovasi dengan menghadirkan game balap yang realistis dan juga grafik luar biasa pada zamannya. Sekarang, dengan kekuatan konsol next gen Gran Turismo bakal menghadirkan balapan dengan mekanisme serta grafis yang lebih realistis lagi.

CyberPunk 2077 juga ditunggu banyak orang karena menjanjikan grafis serta cerita yang menarik. Selain itu, kemunculan sosok Keanu Reeves sebagai salah satu karakternya jadi daya tarik sendiri dari game satu ini. Pemeran John Wick ini bahkan jadi brand ambassador yang muncul saat developer mengumumkan game tersebut di acara E3 2019.

PS 5 Ini Punya Fitur Backward Compatibility


Buat lo yang punya PS 4 dan pengen beli PS 5, lo gak bakal ngerasa repot ketika ingin memainkan keduanya. Soalnya, PS 5 punya fitur backward compatibility yang bikin lo bisa memainkan game dari generasi sebelumnya di dalam konsol baru ini.

Misalkan, lo pengen main Resident Evil 7 yang emang merupakan game PS 4 dan lanjut langsung ke Resident Evil 8, lo gak perlu repot-repot ganti konsol untuk memainkannya. Cukup menggunakan PS 5 aja. Semua game PS 4 yang dirilis di sekitar tahun 2020 tentunya bakal bisa dimainkan dengan fitur mode backward compatibility ini. Tapi tenang aja Bro, bukan cuma game rilisan tahun ini, tapi Sony menyebutkan bahwa ada 100 judul game dari generasi sebelumnya yang bisa dimainkan di PlayStation 5 ini.

Perlu lo ketahui juga Bro, untuk memanfaatkan fitur tersebut, lo bisa memainkan gamenya melalui layanan stream yang bakal disediakan oleh PlayStation Network. Sistemnya bakal mirip dengan layanan streaming game yang disediakan oleh Google Stadia.

Gimana nih Bro, siapa di antara lo yang udah siap-siap buat beli PS 5? Game apa yang pengen banget lo mainkan di generasi PlayStation terbaru ini?