Arah pengembangan device sepertinya mengacu pada teknologi wireless. Less cable is better kata para pengembang. Google pun ternyata juga mengembangkan hal ini untuk smartphone Android di masa depan. Salah satunya adalah pengembangan USB konektor baru bernama C. Hmm, baru dengar? Yuk Kupas bareng-bareng apa aja kelebihannya!

Setelah perbaruan USB 2.0 ke USB 3.0 yang lebih cepat, Google berhasil mengembangkannya lagi dengan menamainya USB Tipe C. Sekilas bentuk port-nya hampir nggak ada bedanya dari versi lama, tapi C punya dimensi yang nggak lebih lebar. Jadi, apa sih manfaat sebenarnya dari USB C ini?

Beda dari port USB saat ini, tipe C mampu digunakan untuk berbagai fungsi. Mulai transfer data high speed, charging hingga display output. Semua fungsi ada dalam satu port aja. Makin simpel, kan? Hal ini menyebabkan smartphone bakal berkurang banyak jumlah kabelnya, desainnya sendiri juga bakal berubah mengikuti tren ini.

New Apple Macbook juga mengusung konsep yang sama dengan meminimalisir jumlah port dan diganti dengan satu colokan multi fungsi. Tapi untuk implementasi notebook, user beranggapan hal tersebut malah bikin repot. Tapi, sama sekali berbeda kalau diaplikasikan di smartphone.

Sayangnya Google masih merahasiakan kapan USB Tipe C ini dijejalkan pada smartphone. Tapi banyak yang menduga kalau Nexus terbaru bakal jadi device pertama yang merasakan teknologi anyar ini. Wow, bau teknologi masa depan udah mulai tercium nih, Guys!