Menyimpan foto di memori ponsel terkadang kita terbentur oleh kapasitas memori yang terbatas. Nggak ada salahnya memanfaatkan fasilitas dari media penyimpanan cloud seperti punya Google misalnya. Buat pengguna Android, Google Photos akan selalu terpasang secara default di device loe.

Sebelumnya mungkin butuh waktu agak lama untuk melakukan backup ke Google Photos. Karena aplikasi ini akan mengunggah foto apa adanya dalam ukuran aslinya. Kini, Google merilis fitur Express.

Seperti namanya, fitur ini menawarkan backup foto yang lebih cepat. Tapi konsekuensinya, kualitas foto yang diunggah akan berkurang. Memang, selama ini Google hanya menyediakan kualitas penyimpanan dalam mode Original dan High. Namun kini bisa dikompres ke kualitas yang "seadanya".

Google membuat fitur ini untuk mengakomodasi negara-negara dengan internet yang tidak terlalu ngebut. Karena sudah dirilis di India (untuk beberapa pengguna) pada Desember lalu, selanjutnya dirilis secara publik di negara tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, selanjutnya Google akan mengembangkan penyimpanan foto online-nya tersebut dengan mengeluarkan fitur baru. Yaitu fitur Data Limit yang memungkinkan loe untuk mem-backup foto sesuai dengan paket data yang loe punya.