Google Stadia akan Resmi Dirilis 19 November

LAZONE.ID - Inilah yang mungkin ditunggu oleh banyak pecinta game.

Maret lalu Google memperkenalkan platform Stadia. Sebuah platform gaming berbasis cloud yang bisa dimainkan tanpa perlu menggunakan konsol tertentu meski mereka tetap merilis joystick untuk memainkannya.

Kabar terbaru dari Google, Stadia akhirnya akan resmi dirilis ke publik pada 19 November mendatang. Artinya, semua pecinta game yang penasaran untuk menjajal cloud gaming besutan Google ini sudah bisa memainkannya kurang lebih sebulan lagi.

Bermain game di Stadia, loe nggak perlu membeli konsol tertentu. Nggak perlu juga untuk mengunduh game atau misalnya membeli disk untuk game tersebut. Hal ini dimungkinkan karena Stadia menggunakan penyimpanan data cloud.

Semua data game tersimpan di pusat data Google sebagai server. Sehingga Stadia bisa dimainkan di sederet konsol yang memiliki layar. Termasuk juga TV dengan Chromecast Ultra, laptop, hingga smartphone Google Pixel 3 dan 4. Google merilis kontroler sendiri untuk Stadia tetapi loe juga tetap bisa main dengan keyboard dan mouse, stik PS4, dan stik Xbox.

Stadia nantinya akan diluncurkan di 14 negara. Di antaranya Belgia, Finlandia, Kanada, Denmark, Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat. Negara lain menyusul pada 2020.