Chip Snapdragon kini tidak hanya akan kita temukan dalam smartphone kelas menengah hingga kelas atas. Lenovo membenamkan chip buatan Qualcomm tersebut dalam sebuah laptop yang diresmikan jadi laptop Snapdragon pertama di dunia.

Diperkenalkan di Berlin dalam ajang IFA 2018 beberapa waktu yang lalu, Lenovo memamerkan Yoga C630 WOS. Laptop yang ditenagai oleh Snapdragon 850 dengan sistem operasi WOS atau Windows on Snapdragon. Sistem operasi Windows 10 yang dibuat khusus untuk chip ini.

Snapdragon 850 merupakan chip dengan struktur pabrikasi 10nm delapan inti. Chip ini punya kecepatan tinggi di 2,96 Ghz. Kinerjanya pun diklaim lebih unggul dari produk Lenovo sebelumnya yaitu Miix 630. Laptop ini juga cukup ringan dengan berat 1,2 kg dan ketebalan 12,5 mm.

Ini Penampakan Laptop Snapdragon 850 Pertama di Dunia

Spesifikasi lainnya, laptop ini punya layar sentuh seluas 13,3 inci, dua port USB Type-C, dan slot SIM Card dengan dukungan jaringan Cat 18. Kecepatan download-nya mencapai 1,2 Gbps sementara kecepatan upload-nya maksimal di 150 Mbps.

Dari sisi RAM, Lenovo menyiapkan dua pilihan RAM yaitu 4GB dan 8GB. Sementara internal storage-nya paling kecil di 128GB dan paling besar di 256GB. Fitur lain yang disiapkan dalah finger print scanner yang didukung Windows Hellow dan baterai yang tahan hingga 25 jam dalam satu kali cas.

Rencananya November ini Lenovo Yoga C630 akan mulai dipasarkan dengan harga sekitar Rp 12,5 jutaan. Apakah akan masuk Indonesia juga? Belum ada yang bisa memastikan.