Keunikan Komputer Generasi Pertama Buatan Apple

LAZONE.ID - Cuma diproduksi 200 unit saat itu

Sejarah Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia udah sangat panjang. Untuk sekarang, mungkin produk unggulan mereka adalah iPhone, iPad dan seri laptop Macbook. Tapi dalam sejarahnya udah banyak banget yang diproduksi dan dijual oleh Apple. Salah satunya adalah komputer rumah.

Steve Jobs dan Steve Wozniak pertama bikin komputer rakitan pada tahun 1976 dan menjualnya seharga US$666,66 berdasarkan kurs mata uang sekarang. Biaya produksi komputer rakitan tersebut ada di angka US$250.

Dari garasi di rumah Steve Jobs, duo Steve ini membangun Apple-1 dan memasarkannya sebanyak 200 unit saat itu. Steve Wozniak adalah orang di balik angka penjualan unik tersebut.



Kalau lo lihat, komputer generasi pertama dari Apple ini punya bentuk yang gak mirip dengan komputer desktop pada umumnya. Komputer rakitan tersebut terdiri dari sebuah papan sirkuit yang terbuka dengan berbagai komponen yang terlihat jelas di atasnya. Pengoperasiannya juga menggunakan sebuah keyboard yang modelnya masih menyerupai keyboard sebuah mesin tik.

Hal ini karena ketika Wozniak membuat komputer tersebut, dirinya ingin membuat sebuah papan sirkuit yang bisa didesain ulang oleh pembeli secara mandiri. Tapi para pembeli gak suka jadi dirinya membuat seperangkat komputer dengan model seperti itu.

Barang antik ini belum lama ini juga laku dengan harga sekitar Rp6,7 miliar lewat rumah lelang RR Auction, Bro. Beberapa unit dari Apple-1 yang masih berfungsi sendiri udah beberapa kali pindah tangan dari beberapa kolektor. Harga termahal dari satu unit Apple-1 yang terjual melalui lelang ada di harga US$815.000 atau sekitar Rp12,26 miliar, Bro!

Orang-orang udah gak memandang lagi fungsi dari komputer tersebut, harga tinggi tersebut muncul karena nilai sejarah yang dibawa Apple-1 itu sendiri.

Bentuknya aneh ya Bro? Kelihatannya juga gak praktis untuk sebuah komputer desktop.