Konsol Game Ini Pakai Sinar Matahari

LAZONE.ID - Gak perlu pakai baterai lagi nih Bro

GameBoy rilisan tahun 1989 adalah salah satu konsol paling ikonik sepanjang masa. Brand tersebut ngasih gamer jadul sensasi main game secara portable dan tanpa harus tersambung ke listrik yang ada di dinding. Game dan mekanisme GameBoy yang sederhana bertahan hingga PlayStation, XBox, dan Nintendo menguasai pasar konsol game.

Sekarang banyak brand yang berlomba kembali bikin GameBoy seperti dulu demi nostalgia. Banyak yang minat untuk membeli konsol game jadul seperti GameBoy untuk tujuan bernostalgia dan juga menambah barang gaming koleksi mereka.

Masih dalam rangka nostalgia, sebuah tim dari Delft University of Technology mengembangkan tiruan GameBoy dengan pendekatan yang berbeda. Mereka sedang berusaha membuat sebuah konsol portable tanpa baterai.


Gadget gaming yang mereka namai ‘The Engage’ ini dibuat tanpa baterai dengan tujuan menciptakan konsol gaming yang ramah lingkungan. Sebagai alat elektronik yang tetap menggunakan listrik, mereka menyematkan panel tenaga surya di bagian bawahnya untuk menggantikan slot baterai AA yang biasa jadi sumber tenaga pada sebuah GameBoy.

Jadi, lo bisa mengisi daya The Engage dengan cuma dijemur, atau lo bisa memainkannya di luar ruangan. ‘Listrik’ di dalamnya pun bakal terisi dengan cepat kalau lo simpan di bawah sinar matahari langsung.

Tapi ada konsekuensi yang harus diterima oleh penggunanya, hal tersebut adalah The Engage bakal mati setiap 10 menit sekali. Durasi tersebut bisa lebih dan juga bisa kurang tergantung game apa yang lo mainkan di dalamnya.


Tapi tenang, kabarnya mereka juga udah menyiapkan hal tersebut dengan membuat algoritma yang bikin The Engage bakal menyimpan progress game yang lo mainkan. Sehingga, ketika The Engage dinyalakan kembali, lo gak bakal mengulang game-nya dari awal.

Kabarnya The Engage bakal dijadikan pionir untuk diteliti demi menciptakan konsol masa depan yang ramah lingkungan tanpa membutuhkan aliran listrik yang tersambung secara terus menerus.

Kalau dirilis resmi, lo minat buat beli Bro?