Phantom X, terintegrasi dengan Apple Watch. Mengikuti gerakan tangan yang melukis di langit.

Melukis di langit? Dulu mungkin ini cuma dianggap mimpi. Mungkin malah loe dibilang gila. Tapi sekarang, dengan teknologi drone, fantasi gila ini bakal jadi kenyatan. Melukis di ketinggian bukan hal aneh lagi.

Ini berkat konsep bernama Phantom X. Konsep tersebut digodok oleh DJI yang merupakan salah satu perusahaan pertama pembuat drone. DJI memamerkan konsepnya melalui sebuah video yang menggambarkan mekanisme drone masa depan. Ada beberapa fitur yang membuat drone bakal berkali-kali lipat lebih pintar dari yang ada saat ini.

Fitur pertama adalah kemampuan melukis langit. Pengguna cukup menyambungkan drone dengan wearable tech Apple Watch. Setelah itu, drone akan mengikuti gerakan tangan pengguna yang terlilit Watch. Warna garisnya pun bisa dipilih sesuai warna kesukaan.

Soal bagus tidaknya lukisan tergantung pada kemahiran man behind the gun, sang pelukis itu sendiri. Mengoperasikan drone seperti ini butuh keahlian menyetir drone agar enggak saling tabrak karena terlalu bersemangat.

Untungnya, konsep Phantom X punya kemampuan menghindari rintangan secara otomatis. Jadi cukup terbantu lah. Cara melukisnya gampang-gampang susah. Dua pengemudi drone harus bisa mensinkronkan penerbangan drone dengan baik.