Nih Bro, Tips Supaya Lo Tetap Steril Saat Main Game

LAZONE.ID - Jaga terus kebersihan dalam kondisi seperti saat ini

Belakangan ini banyak aktivitas mendasar orang yang berubah karena virus corona alias COVID-19. Dengan pola penyebaran yang begitu cepat, semua orang jadi ekstra waspada untuk dirinya tertular atau ikut menularkan virus tersebut. Mulai dari menjaga jarak dengan orang lain sampai ekstra teliti dalam menjaga tangan tetap steril.

Banyak kantor yang bahkan memberlakukan sistem kerja di rumah atau bahkan libur penuh. Begitupun dengan banyak universitas yang menerapkan kuliah online. Jalanan pun jadi sepi karena orang-orang menjalankan gerakan #DiRumahAja untuk social distancing.

Hal tersebut bikin banyak orang mulai menyibukkan diri mereka ketika berada di rumah. Salah satunya mungkin dengan bermain game. Perangkat mobile seperti tablet dan hp, controller untuk konsol, dan keyboard serta mouse bisa jadi media penyebaran virus tersebut kalau gak steril. Nih beberapa tips dari gue supaya lo tetap steril ketika main game.



Kalau lo adalah seorang gamer game mobile, maka pasti hp adalah benda yang paling sering lo pegang ketika melakukan aktivitas ini. Maka dari itu, hp bisa jadi media penularan virus atau bakteri yang sempurna di saat-saat seperti sekarang ini. Sebagai solusinya, banyak orang yang milih untuk sering membersihkan hp mereka.

Tapi ada cara yang harus lo perhatikan untuk membersihkan hp lo supaya tetap steril dan gak merusak komponen yang ada. Misalnya, lo gak boleh menyemprot hp yang lo pegang secara langsung, karena droplets dari desinfektan yang lo semprotkan bisa aja masuk ke dalam mesin melalui celah yang ada dan bikin hp lo rusak.

Atau hal cara tersebut bisa lo ganti dengan menggunakan PhoneSoap Go yang melakukan sterilisasi terhadap hp lo menggunakan sinar UV.

Juga jangan sampai lo mengusap layar dengan alkohol murni. Hal tersebut bakal bikin lapisan oleophobic dan hydrophobic yang melindungi hp lo dari air dan minyak bakal terkelupas. Ada baiknya lo mencampur alkohol tersebut dengan air untuk mendapatkan konsentrasi yang pas.



Sama seperti gamer mobile, lo yang main pc dan konsol seperti XBox, PlayStation, dan Nintendo juga punya resiko menularkan virus corona melalui kontroler yang lo sentuh.

Caranya mirip dengan membersihkan hp lo dengan menggunakan tisu basah yang mengandung alkohol, atau campuran alkohol dengan air sebagai desinfektan dalam takaran yang pas. Bedanya kontroler konsol, mouse dan keyboard gak terlalu sensitif kayak layar hp. Jadinya lo bisa lebih leluasa membersihkannya. Ada satu hal yang harus lo perhatikan ketika membersihkan keyboard dan kontroler konsol, lo harus hati-hati supaya tombol yang ada tidak lepas dari tempatnya. Lo juga tentunya gak boleh menyemprotkan cairan pembersih langsung ke permukaan keyboard, mouse, atau kontroler yang lo punya.

Apa cara yang biasa lo lakukan untuk membersihkan benda-benda yang lo pegang setiap hari supaya tetap steril?