Samsung merilis sebuah aksesori terbarunya yaitu Galaxy SmartTag. Apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?

Galaxy SmartTag adalah sebuah aksesori yang bisa digunakan untuk men-tracking benda-benda penting yang dikaitkan bersamanya. Sebut saja misalnya kunci kendaraan atau mungkin tas laptop.

Galaxy SmartTag menggunakan koneksi Bluetooth Low Energy (BLE) dan secara umum merupakan dongle BLE yang bisa mempermudah loe menamukan barang-barang yang hilang.

Nantinya Galaxy SmartTag tersambung ke perangkat Galaxy dari Samsung dan akan memberikan sederet informasi. Ketika proses pencarian dilakukan, aplikasi SmartThings di handphone Samsung Galaxy loe bisa memberikan indikator jarak untuk menemukan lokasi benda yang hilang.

Namun tentu semuanya tergantung dengan kualitas sinyal dari BLE tadi. Sayangnya, Samsung Galaxy SmartTag hanya bisa bekerja di perangkat smartphone Galaxy Samsung. Tidak bisa digunakan di ponsel Android lainnya apalagi iPhone.

Samsung Galaxy SmartTag dibanderol USD 29,99. Tapi belum tahu apakah Samsung bakal memboyong ini ke Indonesia saat meluncurkan deretan Samsung Galaxy S21 nanti.