Nintendo sebelumnya merilis Switch Lite buat mereka yang ingin selalu bisa main game dalam perjalanan, dengan konsol yang lebih kecil. Kini perusahaan Jepang itu mengumumkan versi baru dari konsol mereka yaitu Nintendo Switch OLED Model.

Begini spesifikasi Nintendo Switch OLED Model. Konsol ini akan dapat upgrade dari ukuran layar bawaannya yang kini didesain seluas 7 inci dengan resolusi 720p dan menggunakan panel OLED. Ukuran ini lebih besar dari versi regular Nintendo Switch yang berukuran 6,2 inci.

Apa lagi yang baru dari Nintendo Switch OLED Model?

Baca Juga: 5 Game PC Wajib Lo Mainin Tahun Ini!



Nintendo menyebutkan dalam video promosinya, model terbaru ini akan bisa menampilkan resolusi layar hingga 1080p ketika dihubungkan ke TV. Sayangnya Nintendo tidak menyertakan dukungan resolusi 4K tak seperti PlayStation 5 atau Xbox Series X.

Selain itu, Nintendo Switch OLED Model juga dilengkapi dengan stand yang bisa diatur kemiringannya untuk dimainkan di atas meja. Internal storage-nya pun upgrade dari 32GB ke 64GB. Dock-nya kini juga dilengkapi dengan colokan kabel ethernet untuk koneksi yang lebih cepat tanpa WiFi.

Buat loe yang mempertimbangkan kualitas audio saat main game, Nintendo Switch OLED Model juga telah diperbaharui sistem audio-nya. Sementara untuk CPU dan RAM-nya tidak ada perubahan dan tetap sama dengan spesifikasi Switch yang sebelumnya.



Nintendo Switch OLED Model menggunakan SoC (system on chip) dari Nvidia Tegra X1. GPU-nya menggunakan Nvidia GM20B Maxwell-based.

Nintendo Switch OLED Model juga tetap punya ketahanan baterai yang bisa digenjot nge-game sampai 9 jam. Ukurannya juga sedikit lebih besar dan lebih berat dari versi sebelumnya yang kini mencapai 0,32 kilogram.

Joy-Cons atau kontroler Nintendo Switch OLED Model bisa tetap dipakai di versi yang sebelumnya. Semua game juga bisa dimainkan di versi baru ini. Hanya saja warnanya yang berbeda dan lebih kalem dibandingkan warna khas Switch terdahulu.

Nintendo menghadirkan warna hitam-putih di Nintendo Switch OLED Model. Penjualan akan dilakukan mulai 8 Oktober 2021 dengan banderol USD 350 atau sekitar Rp 5 jutaan.