Asik banget yah ngumpul di café bareng temen sambil ngerjain kerjaan walaupun nggak bakalan pernah selesai karena loe pasti digangguin terus. Nah, peralatan perang yang harus loe bawa ketika bekerja di luar adalah laptop pastinya. Biasanya, masalah kecil seperti lupa bawa charger pun sering banget loe lakuin.

It’s ok bakal banyak temen juga yang bawa laptop jadi bisa pinjem. Sayang sekali kalau punya loe adalah Macbook, it’s not gonna happen. Yes, si laptop ini emang eksklusif tapi agak kebangetan. Setiap rilisan baru pasti juga diikuti perkembangan baru terutama port charger-nya. Jadi, hukum pinjam meminjam charger nggak berlaku buat para Macbook user.

Loe nggak bakal percaya gitu aja tanpa bukti, kan? Well, this is your prove! Bandingkan beberapa tipe Macbook. Misalnya aja generasi kedua dan Macbook terbaru. Kalau versi lama gunain port dengan pin, yang terbaru pakai USB-C. Nah, Ngrepotin kan? Versi terbaru nanti juga bakal beda banget. Mungkin Apple bakal pakai wireless charging system yang nggak perlu gunain kabel. Alasannya simple, biar user Macbook nggak bisa saling meminjam charger. Jahat yah?

Kalau loe pikir masalah ini cuma terdapat pada Macbook aja, salah besar. Loe tengok iPhone dong! Dari charger model pin connector, kini Apple menggantinya dengan lightning port. Ini apa sih maksudnya? Apple seolah ingin memutuskan hubungan loe dengan gadget lama ketika punya device terbaru mereka. How cruel is it?

Satu-satunya yang digeneralisir cuma Apple Watch. Hanya ini satu-satu harapan loe bisa pinjem charger ke temen. Walaupun mungkin mereka bakal mikir dua kali karena harganya udah kayak motor baru. Well, kalau loe butuh penjelasan kenapa Tim Cook seenaknya sendiri terus bikin port charger baru, simak deh video ini!